Vitamin K Perlambat Menopause

Jum'at, 22 Februari 2008 - 15:35 wib | sindo -

Foto: Corbis Foto: Corbis

NEW YORK - Sebuah penelitian menyatakan bahwa penggunaan vitamin K untuk wanita tidak cukup untuk memelihara kesehatan tulang, namun juga berfungsi memperlambat menopause. Hal itu diungkapkan Dr Jane L Lukas dari The University of Michigan.

Persentase osteocalcin menandakan tulang sehat pada kalsium penting untuk pembentukan tulang sehat pada wanita di awal post menopause. Pengikatan osteocalcin ke kalsium penting untuk pembentukan tulang. Bagaimanapun, modifikasi pengikatan dari protein ke kalsium tergantung jumlah asupan vitamin K. Jika kekurangan vitamin K, dapat memperlambat pembentukan tulang.

Penelitian tersebut membandingkan pemberian hormon dan vitamin K yang berhubungan dengan tanda-tanda biologis pada siklus 19 hari pada wanita muda ( 20 tahun sampai 30 tahun ), siklus 19 hari pada wanita tua ( antara umur 40 tahun sampai 52 tahun ), dan 21 wanita yang mengalami post menopause lebih awal ( 40 tahun sampai 52 tahun ).

Penggunaan Estradiol dan vitamin pada wanita tua yang bersepeda sama dengan kelompok remaja, tetapi mereka mempunyai kandungan rendah osteocalcin dan kandungan mineral pada tulang. Kandungan mineral pada tulang akan sama pada dua kelompok post menopause dan mempunyai indikasi menambah kandungan tulang.

Penemuan ini menunjukkan, ada hubungan antara menopause lebih dini dan tidak berfungsinya osteocalcin yang berhubungan dengan tanda-tanda biologis untuk siklus menstruasi pada wanita-untuk penggumpalan darah dan tidak cukup untuk menjaga kesehatan tulang setelah menopause.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »