Shanghai The Bund, Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi

Rabu, 27 April 2011 - 15:04 wib | Yenny Andrianti - Okezone

Pemandangan dari The Bund ke arah Pudong (foto: Yenny Andrianti) Pemandangan dari The Bund ke arah Pudong (foto: Yenny Andrianti) SHANGHAI merupakan kota metropolitan terbesar di negeri Panda, China. Kota ini juga terkenal dengan banyaknya orang asing (ekspatriat) yang menetap dan bekerja di Shanghai.

Tidak heran para ekspatriat bisa betah tinggal di sini, karena Shanghai memang menyediakan hampir semua hal yang mereka butuhkan, mulai dari tempat shopping, kafe, bar, tempat wisata, pusat bisnis & perkantoran, dll.

Selain itu, Shanghai juga terkenal dengan keindahan pemandangan kota di malam hari. Cahaya-cahaya yang dipancarkan oleh gedung-gedung tinggi yang berjejer rapi dan berdiri kokoh di seluruh penjuru kota Shanghai, telah membuat kota ini menjadi lebih hidup di malam hari. Dan hampir di semua tempat wisata yang pernah saya kunjungi, akan menjadi sangat cantik di malam hari.

Sebut saja, The Bund, sebuah tempat wisata yang paling ramai dikunjungi, baik oleh para wisatawan maupun penduduk lokal Shanghai. The Bund (?-?,orang China menyebutnya “Wai Than”) terletak di pusat kota Shanghai, di Distrik Huangpu.

Biasanya, nama “The Bund” mengacu ke pusat area yang dipenuhi bangunan-bangunan bersejarah yang berhadapan dengan dermaga di sepanjang tepi Sungai HuangPu. Sungai yang membelah kota Shanghai ini juga memberikan pemandangan yang tidak kalah indah. Dari The Bund, anda bisa melihat ke arah seberang Pudong, di mana terdapat menara Shanghai yang paling terkenal di dunia, yaitu Shanghai Oriental Pearl Tower dan gedung tertinggi di Shanghai yang mempunyai 100 lantai, Shanghai World Financial Centre.

Selain itu, para wisatawan juga bisa menyeberangi Sungai Huangpu ke arah Pudong melalui sebuah terowongan bawah laut, yang juga disebut sebagai “Bund Sightseeing Tunnel”. Untuk bisa melewati terowongan ini, akan dipungut biaya karcis seharga 45-55 RMB untuk satu kali jalan.

Dari sepanjang tepi sungai Huangpu di area The Bund, anda bisa melihat ke sekeliling dan mengagumi kemegahan kota Shanghai yang berhamparan gedung-gedung tinggi, entah itu apartemen, pusat perkantoran, maupun bangunan bersejarah. Kita bisa merasakan betapa besarnya kota Shanghai dengan melihat berbagai macam nama-nama perusahaan multinasional atau ribuan jendela apartemen-apartemen yang terlihat seperti ribuan kubus kecil-kecil.
Tidak heran jika The Bund menjadi tempat terfavorit di Shanghai.

Di sana, berjejer dengan indahnya 52 buah gedung bersejarah dan berarsitektur kuno, seperti Renaissance, Beaux-Arts, Gothic, Romanesque, dan Art Deco. Bahkan, disebutkan bahwa Shanghai mempunyai bangunan arsitektur beraliran Art Deco terbanyak di dunia. Selain berarsitektur kuno, bangunan-bangunan tersebut banyak yang dijadikan sebagai gedung-gedung perbankan di Shanghai, seperti HSBC, China Merchants Bank, Bank of China, Bank of Taiwan, Russo-Chinese Bank, Russell & Co, Chartered Bank, China Bank of Communications, dll. Maka dari itu, tidak heran jika Shanghai sering disebut-sebut sebagai salah satu pusat bisnis & perbankan terbesar di dunia.

Untuk mengunjungi The Bund, anda bisa menaiki kereta bawah tanah (MRT) line 2 dan turun di East Nanjing Road. Dari situ, anda cukup dengan berjalan kaki sekitar 5-10 menit ke Jalan Nanjing (Nanjing Road). Selain itu, anda bisa juga menaiki bus dengan rute East-1 Zhongsan Road. (uky)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »