Tak Hanya Sapi, Kambing Juga Ikut Kerapan

Rabu, 8 Juni 2011 - 13:52 wib | Cucuk Donartono - RCTI

(foto: dok Okezone) (foto: dok Okezone) LUMAJANG- Selama ini masyarakat hanyaa mengenai masyarakat Jawa Timur dengan Kerapan Sapinya. Tapi, kini tak hanya sapi. Di Lumajang, Kerapan Kambing juga sering diadakan.

Seperti yang terjadi di Warga Desa Lempeni, Kecamatan Tempeh, Lumajang, Jawa Timur. Mereka menggelar Kerapan Kambing, Rabu (8/6/2011).

Perlombaan Kerapan Kambing biasanya dibagi menjadi dua bagian, tunggal dan ganda. Keunikannya pada kambing-kambing yang dilombakan dihiasi dengan balon, bunyi-bunyian dan jarum pada ekornya, untuk penyemangat agar larinya kencang.

Bedanya, jika pada Kerapan Sapi sang joki naik pada punggung sapi, pada kerapan kambing ini sang joki turut ikut lari di belakang kambing untuk memberikan teriakan penyemangat.

Kerapan Kambing juga tak hanya menggelar ketangkasan dalam berlari. Sejumlah kambing yang ikut juga dihiasi berbagaii variasi agar terlihat cantik saat berlomba. Diketahui, Kerapan Kambing sudah menjadi budaya dan diadakan dalam rangka acra selamatan desa. (uky)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »