Watan Soppeng, Kota Ribuan Kelelawar

Rabu, 23 November 2011 - 14:43 wib | Mutya Hanifah - Okezone

Watan Soppeng, Kota Ribuan Kelelawar (1indonesia.blogspot.com) KOTA yang satu ini adalah salah satu kota di Indonesia yang memiliki julukan yang unik, yaitu Kota Kelelawar. Kota ini bernama asli kota Watan Soppeng, salah satu kota indah yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan.

Watan Soppeng terletak di pegunungan, 200 meter di atas permukaan laut, sehingga membuat kota ini berudara sejuk. Selain itu, banyaknya pohon di pinggir-pinggir jalan juga menambah keteduhan kota ini. Dulunya, menurut sejarah Bugis, Watan Soppeng merupakan kota dari sebuah kerajaan yang megah dan sejahtera. Hal ini terbukti dengan adanya sebuah Istana raja yang dibangun pada tahun 1261.

Kota Watan Soppeng ini disebut kota kelelawar karena banyaknya kelelawar yang mendiami kota ini. Ketika memasuki kota ini, bau kelelawar akan langsung tercium, terutama di bawah pohon. Kelelawar ini meninggalkan pohon tempat tinggalnya di malam hari untuk mencari makan. Ribuan kelelawar yang terbang menghiasi langit senja merupakan pemandangan yang sudah lumrah di kota ini. Kemudian, suara-suara kelelawar yang kembali ke sarangnya di kala subuh, menjadi tanda bagi warga Watan Soppeng untuk memulai harinya.

Warga Watan Soppeng tidak mengetahui secara pasti kapan mulainya kelelawar-kelelawar ini tinggal di pepohonan di kota ini. Warga percaya bahwa kelelawar ini telah ada sejak ratusan tahun lalu, dan merupakan 'penjaga' kota Watan Soppeng ini. Mereka juga percaya bahwa kelelawar ini dapat memberikan tanda apabila sesuatu yang baik dan buruk terjadi di kota ini. Jika kelelawar ini meninggalkan kota dalam waktu yang lama, maka dipercaya sebuah bencana akan datang dan menimpa kota ini.

Pada tahun 1990, pernah terjadi kebakaran yang menghanguskan Pasar Pusat Watan Soppeng. Warga meyakini bahwa hal ini terjadi karena penebangan pohon tempat sarang kelelawar ini. Sejak itu, warga Watan Soppeng tidak ada lagi yang berani mengganggu kehidupan kelelawar-kelelawar ini.

Ada juga mitos yang beredar di masyarakat bahwa apabila seseorang terkena kotoran dari kelelawar tersebut, maka orang tersebut akan menikahi seseorang dari Kota Watan Soppeng itu juga.

Kota Watan Soppeng merupakan ibu kota dari kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. Kota ini terletak 150 kilometer dari kota Makasar, dan mengambil waktu sekitar empat jam perjalanan.

(rhs)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »