Tari Saman: Tarian Paling Simpel di Aceh yang Jadi Favorit

Jum'at, 25 November 2011 - 08:20 wib | Gustia Martha Putri - Okezone

Tari Saman: Tarian Paling Simpel di Aceh yang Jadi Favorit Tari Saman (novrizal-aceh.blogspot.com) DI tengah popularitas budaya barat, Tari Saman tetap memiliki kemapanan eksistensi di kalangan anak negeri Indonesia. Tidak sedikit, generasi muda yang turut melestarikan tarian tradisional ini, serta mempopulerkannya bahkan ke berbagai negara  di dunia.

Menurut Guru Besar Tarian Aceh Marzuki Hasan, yang aktif mengajar di Fakultas Tari, Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Tari Saman diminati banyak para remaja, karena Tari Saman ini memiliki gerakan yang lebih simpel dibandingkan tarian Aceh lainnya.

“Saya mengajari Tari Saman ini dua minggu atau tiga minggu, kebanyakan sudah banyak yang bisa dasar-dasarnya. Beda dengan tarian lain semisal Tari Seudati," ujarnya, saat diwawancara okezone via telepon, Kamis (24/11/2011).

Sebagai orang Aceh, Marzuki mengaku bangga atas ditetapkannya Tari Saman dalam Daftar Warisan Budaya Takbenda yang Memerlukan Pelindungan Mendesak UNESCO. "Ke depannya, semoga kita semua, khususnya para pelatih dan penari Tari Saman ini, sama-sama meningkatkan kualitas tariannya agar tetap terjaga keelokan dan keluhurannya," imbuh Marzuki. (rhs)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »