Danau Cermin Dewi di China

Minggu, 11 Desember 2011 - 16:20 wib | Mutya Hanifah - Okezone

Danau Cermin Dewi di China Foto: (dailymail.com) Daratan China mempunyai sebuah taman nasional dengan pemandangan alamnya yang luar biasa. Taman Nasional itu adalah Taman Nasional Suaka Alam Jiuzhaigou di Sichuan, China. Taman Nasional ini terletak 450 kilometer arah utara dari Kota Chengdu.

Nama Jiuzhaigou ini berasal dari keberadaan sembilan desa suku Tibet yang berada di sini. Taman Nasional yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO ini memiliki luas 72.000 hektare dan memiliki ketinggian 4.800 meter. Taman Nasional ini merupakan tempat tinggal bagi sekitar 140 spesies burung, tanaman langka, dan hewan-hewan langka seperti panda.

Bagi suku Tibet sendiri, Jiuzhaigou merupakan tempat suci dan juga sumber air sehari-hari. Mereka percaya dengan legenda bahwa dulunya di tempat ini ada seorang dewa gunung yang bernama Dago yang menyukai Dewi Semo. Dago kemudian memberikan sebuah cermin yang terbuat dari angin dan awan sebagai hadiah untuk Semo. Namun kemduian roh jahat muncul, dan Semo yang terancam memecahkan cermin tersebut menjadi 108 bagian ke bumi. 108 pecahan kaca itu kemudian menjadi danau berwarna-warni cantik yang disebut oleh penduduk setempat dengan nama Haizi.

Danau ini terletak di bagian selatan Taman Nasional ini di Huanglong. danau ini sebenarnya merupakan kumpulan kolam-kolam kecil dengan air jernih yang memantulkan dasar kolam dan juga pemandangan sekitar. Warna air di kolam ini juga dipengaruhi aktifitas gletser dan juga deposit mineral yang cukup tinggi. Kolam ini dipercantik dengan sisi-sisinya yang terbuat dari batu kapur alami yang berwarna putih.

Lokasi danau ini dikelilingi pohon-pohon pinus yang rimbun sehingga menambah harmonisasi kecantikan pemandangan alam. Tak heran tempat ini kerap dijadikan lokasi syuting film ataupun juga lokasi pemotretan para fotografer dunia. (ahm)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »