Tempat-Tempat Wisata Menarik di Jawa Tengah

Selasa, 28 Februari 2012 - 12:21 wib | Pasha Ernowo - Okezone

Elo-Progo (Foto: elo progo-arung jeram-suryawisatapkl.blogspot) Elo-Progo (Foto: elo progo-arung jeram-suryawisatapkl.blogspot) UNTUK lebih meningkatkan jumlah wisawatan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengan melakukan terobosan melalui program Visit Jateng 2013. Beberapa destinasi wisata siap menjadi pilihan menarik untuk Anda dan keluarga.

Visit Jateng 2013 membuka banyak rute pariwisata, antara lain Semarang dan Solo. Untuk Anda yang akan mengunjungi Jawa Tengah melalui Semarang dengan destinasi Borobudur-Dieng, bisa mengunjungi objek wisata Klenteng Sam Poo Kong, lanjut ke Lawang Sewu, Kota Lama, Vihara Buddhagava, Watugong, Museum Ranggawarsita, dan Museum Nyonya Meneer.

Selain objek wisata di atas, Anda juga bisa mengunjungi Museum KA, Umbul Sudomukti dan Taman Djamoe Indonesia.  Dari Semarang, perjalanan dilanjutkan ke Magelang. Di sana, Anda dapat mengunjungi Losari Plantation dan Kyai Langgeng.

Tak lengkap rasanya bila ke Jawa Tengah tanpa menyaksikan kemegahan Candi Borobudur. Untuk Anda yang menyukai olahraga pemicu adrenalin, cobalah berarung jeram di Elo-Progo.

Sementara, apabila ingin merasakan suasana di pedesaan, Anda bisa menginap di pondokan yang ada di desa wisata sekitar wilayah Borobudur. Puas berkeliling di Magelang, kini saatnya beranjak ke Wonosobo. Di sana, Anda bisa mengunjungi Dieng Plateu, Telaga Warna, Komplek Candi Arjuna, dan Museum Kailasa.

Nah, pengunjung yang datang melalui pintu destinasi Solo dengan tujuan Borobudur-Dieng, bisa berwisata dengan rute Solo-Magelang-Wonosobo. Di Solo, ada Kraton Kasunanan, Pura Mangkunegara, Kampung Batik Laweyan, Galeri Batik Danar Hadi, dan tentunya Pasar Klewer yang tidak boleh dilewatkan. Demikian seperti dikutip dari rilis Visit Jateng 2013 yang diterima redaksi okezone, baru-baru ini.

Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Solo di Galabo, tempat wisata kuliner yang hanya buka pada malam hari. Gudeg ceker, serabi notosuman, dan jadah bakar tidak boleh ketinggalan. Oleh-oleh untuk keluarga di kota asal bisa dibeli di pusat oleh-oleh Muntilan.

Dari Solo, perjalanan bisa dilanjutkan ke Magelang, Borobudur, dan Wonosobo. Objek wisata yang bisa dikunjungi pun sama dengan rute awal dari pintu kedatangan Semarang. (ftr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »