Cari Kerajinan di Yogyakarta? Ini Dia Sentranya!

Selasa, 28 Februari 2012 - 20:19 wib | Fitri Yulianti - Okezone

Sentra batik Giriloyo (Foto: tenunindonesia.wordpress) Sentra batik Giriloyo (Foto: tenunindonesia.wordpress) YOGYAKARTA menjadi salah satu destinasi budaya yang menawarkan banyak kerajinan tangan. Bila ingin mencari buah tangan berupa kerajinan, beberapa desa wisata di Yogyakarta menawarkan yang terbaik.

Wisata ke Yogyakarta tidak lengkap rasanya bila belum membawa buah tangan berupa hasil kerajinan para seniman lokal. Selain kental nilai budaya, kerajinan yang ditawarkan juga akan mampu mengingatkan Anda pada kecantikan Kota Gudeg ini.

Berikut lima sentra kerajinan di Yogyakarta, seperti diulas dalam buku Pariwisata Nusantara 2011 dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia (kini Kementeraian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), di antaranya:

Kerajinan batik kayu

Biasanya, orang membatik di atas kain. Namun, para pengrajin di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, menggunakan media kayu dalam membatik.

Dusun Krebet sebenarnya merupakan kawasan tandus. Namun, kreativitas warganya membuat dusun ini ditetapkan menjadi salah satu desa wisata di Kabupaten Bantul. Di tempat ini, topeng kayu, miniatur binatang, dan pernak-pernik lainnya dihias dengan motif-motif batik. Hasil kerajinan batik kayu ini telah menembus pasar mancanegara, yaitu Asia, Eropa, dan Timur Tengah.

Keistimewaannya, jika Anda berkunjung ke desa ini, Anda pun dapat belajar membatik di media wayang kayu. Tentu, sensasi yang dirasakan berbeda dengan membatik di atas kain. Anda juga dapat memelajari berbagai jenis batik sambil belajar membatik di media kayu.

Sentra batik Giriloyo

Dusun Giriloyo merupakan sentra kerajinan dan produksi batik tulis yang ada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Di kawasan ini, terdapat sekira 800 pembatik yang terbagi ke dalam berbagai kelompok. Para pembatik di Giriloyo terhimpun dalam organisasi Paguyuban Batik Tulis Giriloyo.

Di dusun ini, Anda dapat mengetahui dan memelajari seluk beluk pembuatan batik tulis. Selain sebagai sentra batik warga Giriloyo pernah mengukir prestasi dengan menciptakan batik terpanjang di Indonesia, yaitu dengan kain sepanjang 1,2 kilometer. Prestasi warga Giriloyo ini tercatat dalam Museum Rekor Indonesia.

Pembatik Giriloyo tetap bertahan dengan motif-motif tradisional atau klasik yang memiliki nilai filosofis dan makna tersendiri di tengah gencarnya motif batik modern.

Kerajinan batik Kotagede

Sejak dahulu, Kotagede terkenal dengan kerajinan peraknya yang sangat indah. Toko-toko kerajinan perak ini berjajar sepanjang Jalan Kemasan hingga jalan Tegalgendu.

Hasil kerajinan peraknya pun sudah berkembang dan lebih variatif, tidak sebatas pada perhiasan. Kini, telah ada hiasan dinding, berbagai suvenir, miniatur Candi Borobudur, Prambanan, hingga peralatan makan yang terbuat dari perak. Kerajinan perak Kotagede terkenal halus dan indah.

Sentra kerajinan keris Imogiri

Sentra kerajinan keris di Imogiri letaknya di Dusun Banyusumurup, Giri Rejo, Bantul. Kerajinan keris di daerah ini terutama memproduksi keris aksesori, baik keris untuk pengantin, kesenian, juga keris untuk hiasan rumah.

Kerajinan keris di desa ini sudah berkembang dengan pesat hingga dijadikan desa wisata kerajinan keris. Di desa ini, Anda dapat menikmati keindahan panoramanya juga kemudahan fasilitas lainnya. Jarak Yogyakarta-Imogiri sekira 45 menit perjalanan menggunakan kendaraan umum atau pribadi.

Sentra kerajinan wayang kulit

Desa Wisata Gendeng (sebelah selatan Yogyakarta) merupakan sentra pengrajin wayang kulit. Paling tidak, saat ini terdapat 10 pengrajin. Wayang kulit di sini terbuat dari kulit kambing dan kerbau pilihan.

Pembuatan wayang ternyata sangatlah rumit. Di sini, Anda akan menemukan tenaga-tenaga terampil dan terasah dalam pembuatan wayang kulit.

Ada sekira 50 pengrajin yang aktif dalam bidang tatah sungging kulit yang terkumpul di hampir 10 sanggar. Selain untuk hiasan dinding, ternyata kerajinan wayang kulit juga bisa untuk kap lampu, kipas, souvenir pernikahan, gantungan kunci, bahkan pembatas buku. (ftr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »