Replika Angkor Wat Dibangun di India

Selasa, 6 Maret 2012 - 15:14 wib | Mutya Hanifah - Okezone

(Foto: CNNGo) (Foto: CNNGo) VERSI lebih besar dari situs warisan dunia UNESCO milik Kamboja, Candi Angkor Wat, kini tengah dibangun di tepi sungai Gangga di Bihar, India. Candi ini diharapkan akan menjadi kompleks candi Hindu terbesar di dunia.

Prosesi peletakan pondasi candi suci ini berlangsung 5 Maret 2012 di sebuah lokasi seluas 16 hektare di dekat Hajipur, sekira 25 kilometer sebelah utara Ibu Kota Bihar, Patna. Replika candi ini dibangun oleh Yayasan Mahavir Mandir Trust dengan proyek senilai USD20 juta dan diperkirakan akan selesai dalam waktu 10 tahun. Yayasan ini sebelumnya telah membangun sejumlah rumah sakit dan candi di Bihar dengan dana berasal dari sumbangan. Demikian seperti dilansir CNNGo, Selasa (6/3/2012).

Angkor Wat merupakan ikon nasional Kamboja yang dibangun pada abad ke-12 oleh Raja Suryavarman II. Candi ini merupakan candi Hindu pertama yang didedikasikan untuk Dewa Wisnu, namun kemudian menjadi situs agama Budha.

Versi Bihar Angkor Wat ini nantinya akan disebut Virat Angkor Wat Ram, dan diharapkan akan menjadi kompleks candi Hindu terbesar di dunia, dengan ketinggian mencapai 67,6 meter.

"Situs yang dipilih untuk pembangunan candi memiliki makna mitologis," kata Kunal dari situs di distrik Vaishali. "Hal ini diyakini bahwa dewa Ram, Laksmana, dan Vishvamitra telah mengunjungi dan disambut oleh Raja Sumati kerajaan Vaishali," imbuhnya.

Angkor Wat merupakan atraksi wisata utama di Kamboja, bahkan menjadi simbol di bendera negara tersebut. Jumlah pengunjung asing di taman arkeologis Angkor Wat Kamboja mencapai 206.000 pada Januari 2012, hampir 30 persen lebih banyak dari bulan yang sama di tahun lalu. (ftr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »