Australia Bantu Jaga Angkor Wat

Senin, 26 Maret 2012 - 13:20 wib | Mutya Hanifah - Okezone

Angkor Wat (Foto: wikipedia) Angkor Wat (Foto: wikipedia) PEMERINTAH Australia menyumbangkan dana hampir USD1 juta untuk membantu melindungi situs sejarah serta tempat wisata utama di Kamboja, Candi Angkor Wat.

Menteri Luar Negeri Australia, Bob Carr, mengumumkan pemberian sumbangan ini dalam perjalanannya ke Kamboja. "Kami menyumbangkan dana sebesar hampir USD1 juta ke dalam proyek perlindungan Candi Angkor Wat agar situs sejarah ini tetap terjaga meski dikunjungi 20.000 wisatawan per harinya," katanya, seperti dikutip dari TheAustralian, Senin (26/3/2012). "Tindakan ini sudah pernah kami lakukan sebelumnya untuk Uluru, situs wisata di Australia Tengah," lanjutnya.

Komplek Candi Angkor yang berusia sekira 700 tahun berisi Angkor Thom, Angkor Wat, dan Candi Bayon.

Beberapa waktu yang lalu, salah satu kelompok agama Hindu di India, Mahavir Mandir Trust, memulai pembangunan replika Candi Angkor Wat di India, yang direncanakan akan selesai dalam waktu 10 tahun. Namun, rencana ini ternyata menyulut amarah warga Kamboja, karena dianggap merusak kesucian Angkor Wat, yang merupakan symbol nasional Negara Kamboja. (ftr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »