Mencium Aroma Pinus di Perkemahan Gunung Salak

Kamis, 10 Mei 2012 - 11:25 wib | Mutya Hanifah - Okezone

Mencium Aroma Pinus di Perkemahan Gunung Salak Lokasi perkemahan Gunung Bunder, Jawa Barat (Foto: Mutya/okezone) GUNUNG Salak, Bogor, Jawa Barat, menyimpan banyak misteri. Baru beberapa jam lalu, Pesawat Sukhoi Superjet-100 hilang di kawasan ini. Meski begitu, Gunung Salak memiliki banyak atraksi yang menarik pelancong.

Salah satu atraksi wisata yang terdapat di kawasan Gunung Salak adalah Bumi Perkemahan Gunung Bunder. Bayangkan jejeran pohon pinus yang terbentang sejauh mata memandang, aroma rumput dan dedaunan yang basah oleh embun serta semilir udara sejuk yang bertiup lembut. Situasi seperti ini pasti sulit Anda temukan di daerah perkotaan yang superpadat, bukan?

Mungkin Anda tidak menyangka akan menemukan suasana seperti itu di Kota Bogor. Ya, di pinggir Kota Bogor, tepatnya di Gunung Bunder, Kecamatan Pamijahan di kaki Gunung Salak, terdapat lokasi perkemahan seluas 30 hektare yang dikelilingi oleh hutan pinus yang asri.

Selain sebagai tempat perkemahan, Gunung Bunder juga kerap menjadi sarana outbound yang fasilitasnya telah disediakan oleh pengelola. Camp Gunung Bunder juga terkenal dengan banyaknya wisata air terjun yang dapat dikunjungi dengan berjalan kaki, seperti Curug Cihurang, Curug Ngumpet, Curug Cigamea, dan yang paling terkenal adalah Curug Seribu.

Selain wisata air terjun, karena lokasinya yang berada di kaki Gunung Salak, Anda juga dapat mengunjungi Kawah Ratu. Dengan berjalan sejauh 14 kilometer, Anda akan sampai di lokasi tersebut.

Pemandangan kawah dengan air panas belerang di tengahnya membawa suasana mistis tersendiri bagi pengunjung. Sebaiknya, kunjungi Kawah Ratu di pagi hari karena semakin siang, bau belerang yang menguar dari kawah akan semakin tajam dan pekat.

Kembali ke kawasan perkemahan, Anda tidak perlu khawatir akan merasa kurang nyaman berada di tengah hutan. Pasalnya, di sekitar lokasi perkemahan sudah tersedia banyak fasilitas MCK yang memadai serta kedai-kedai kecil yang menjual makanan dan kayu bakar untuk keperluan berkemah. (ftr)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »