Akhirnya, Sang Putri Duyung Temukan Pangerannya

Selasa, 5 Juni 2012 - 00:37 wib | Mutya Hanifah - Okezone

Patung HAN (Foto: news) Patung HAN (Foto: news) DENMARK - Selama hampir seabad, Ibu Kota Copenhagen, Denmark, dikenal wisatawan dengan patung putri duyung yang berada di atas batu pelabuhan kota ini. Kini, akhirnya putri duyung tersebut mendapatkan pangerannya.

Kota Helsingoer, tetangga Copenhagen, baru saja menghadirkan patung pria yang merupakan pasangan dari patung putri duyung di Copenhagen. Berbeda dari patung putri duyung yang terbuat dari batu, patung pangeran ini terbuat dari batu baja dan menghadap ke arah Selat Oeresund, sisi lain selat yang memajang patung putri duyung pasangannya.

Patung ini diberi nama HAN, yang dalam bahasa Denmark berarti laki-laki. Patung ini berada di Kota Helsingoer yang berusia 600 tahun dan merupakan kota pelabuhan dimana kapal-kapal mewah merapat.

"Patung ini adalah patung indah yang memiliki banyak detail unik, seperti mata yang dapat berkedip dan efek cermin," kata Hecht Nielsen, Wali Kota Helsingoer, seperti dikutip dari News, Selasa (5/6/2012).

Hecht mengharapkan patung ini dapat membawa turis asing datang ke kotanya seperti patung putri duyung di Copenhagen yang sudah terkenal di kalangan wisatawan dunia. Patung putri duyung di Copenhagen terinspirasi dari kisah Putri Duyung karya Hans Andersen dan selesai dibuat pada 1909. Patung tersebut telah menjadi obyek wisata utama Denmark terutama Copenhagen sejak 1913.

Selama lebih dari seabad usianya, patung putri duyung tersebut sudah banyak mengalami tindak vandalisme, seperti dipotong tangan dan kepalanya, dicat warna-warni, dan ditutupi tubuhnya dengan pakaian oleh demonstran Muslim yang menganggap patung tersebut pornografi. (ftr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »