Kehidupan Kerbau Pampangan Magnet Baru Wisata OKI

Kamis, 27 September 2012 - 15:10 wib | Adhia Azkapradhani - Okezone

Kehidupan Kerbau Pampangan Magnet Baru Wisata OKI Ilustrasi (Foto: funwithpostcrossing) KABUPATEN Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, mendapatkan penghargaan Travel Club Tourism Award (TCTA) 2012 sebagai 2nd Runner Up The Most Improved Kabupaten. Untuk menjaga prestasi ini, OKI bahkan tengah mengembangkan objek wisata Kerbau Pampangan.

Kemajuan sektor pariwisata dari sebuah daerah tidak luput dari peran pemerintah dan masyarakat. Usaha Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir dalam mengembangkan pariwisata di daerahnya menuai penghargaan dari Travel Club.

“Dalam mengembangkan berbagai pariwisata daerah, pemerintah harus memberikan anggaran yang memadai," ujar Bupati Ogan Ilir Mawardin Yahya di Jakarta, baru-baru ini.

Tidak dapat dipungkiri jika dana pembangunan merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan suatu daerah. Pemerintah daerah pun harus jeli untuk terus melakukan eksplorasi terhadap berbagai potensi wisata terpendam yang ada di daerahnya.

Keberagaman kekayaan alam serta keindahan daerah yang ingin ditampilkan kepada para wisatawan harus didukung dengan fasilitas serta akses yang memadai. Hal itu pula yang menjadi perhatian dari Pemda OKI.

Selain memaksimalkan pesona Danau Teluk Legam kepada para wisatawan, OKI sedang mengembangkan objek wisata lainnya, yakni Kerbau Pampangan. Kerbau yang hidup di rawa-rawa memiliki daya tarik sendiri sehingga akan dibangun dermaga untuk para wisatawan menyaksikan aktivitas kerbau.

Akses perjalanan menuju Kabupaten OKI pun tak luput dari perhatian pemerintah. Untuk memudahkan perjalanan wisatawan ke daerah di jalur lintas timur Sumatera ini, akan dibangun jalan tol yang menghubungkan Kayu Agung dengan Jakabaring.

Potensi wisata OKI lainnya, adalah Pantai Jodoh yang menawarkan wisata air, agrowisata di Agro Tchno Park, wisata sejarah dengan mengunjungi makam raja pertama Kerajaan Palembang, wisata kuliner khas daerah OKI, dan wisata seni berupa Festival Ogan Ilir yang dilaksanakan setiap tahunnya. (ftr)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »