Fenomena Api Biru, Satu-Satunya di Indonesia

Rabu, 14 November 2012 - 23:30 wib | Mutya Hanifah - Okezone

Fenomena Blue Fire di Kawah Ijen di Banyuwangi (Foto: twicsy) Fenomena Blue Fire di Kawah Ijen di Banyuwangi (Foto: twicsy) JAKARTA - Di Banyuwangi, Jawa Timur, terdapat fenomena alam unik yang mampu menarik perhatian wisatawan. Bahkan, fenomena alam ini hanya satu-satunya di dunia.

Fenomena tersebut bernama Blue Fire, yang bisa dilihat di Kawah Ijen. "Fenomena Blue Fire sangat terkenal, bahkan menyaingi popularitas matahari terbit di Banyuwangi yang disebut sebagai matahari pertama di Jawa," tutur Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, saat jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (14/11/2012).

Blue Fire merupakan penampakan api berwarna biru yang hanya dapat dilihat pada dini hari di Kawah Ijen. "Blue Fire muncul pukul 01.00-02.00, sebelum matahari terbit. Biasanya, ratusan orang berkumpul di Kawah Ijen untuk melihat fenomena ini, kemudian melihat matahari terbit," jelas Azwar.

Fenomena Blue Fire hanya ada satu-satunya di Indonesia. Di dunia, satu-satunya tempat yang memiliki fenomena serupa adalah Islandia.

"Ini adalah fenomena yang tidak ada duanya, semoga suatu saat bisa menjadi world destination," tukas Azwar. (ftr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »