Lindungi Gajah, Taman Nasional Kamerun Kerahkan Tentara

Rabu, 26 Desember 2012 - 12:29 wib | Mutya Hanifah - Okezone

Taman Nasional Bouba Ndjida, Kamerun (Foto: earthtimes) Taman Nasional Bouba Ndjida, Kamerun (Foto: earthtimes) KAMERUN - Taman Nasional Bouba Ndjida di Kamerun menggunakan metode unik untuk melindungi hewan-hewannya dari serangan pemburu. Mereka bekerja sama dengan tentara.

Taman Nasional Bouba Ndjida di Kamerun tengah dihadapi masalah perburuan yang cukup serius. Pemburu berkuda dari Sudan sering masuk ke taman nasional tersebut dan menembak gajah lalu mengambil gadingnya. Sejak musim dingin tahun lalu, sudah ada 300 gajah yang mati dibunuh para pemburu, menghabisi 80 persen populasi gajah di dalamnya.

Untuk mencegah perburuan bertambah parah, pengelola Taman Nasional Bouba Ndjida bekerja sama dengan militer dengan mengerahkan helikopter serta 600 tentara. "Dengan barisan tentara ini, kami ingin memberikan peringatan pada pemburu; bila mereka berani masuk, mereka akan berhadapan dengan ratusan tentara bersenjata," kata Brigadir Jenderal Kamerun Martin TUmenta, seperti dikutip Reuters, Rabu (26/12/2012).

Dilengkapi helikopter, peralatan untuk melihat dalam gelap, dan rombongan mobil jeep, tentara Kamerun ini menempatkan diri di perbatasan Kamerun dengan Chad dan Republik Afrika Tengah.

Menurut data, 300 gajah yang tewas tahun lalu di taman nasional ini merupakan rekor terbanyak gajah yang mati hingga saat ini. Gajah tersebut diambil gadingnya, yang dijual dengan harga sekira Rp3 juta per kilogram di pasar gelap. (ftr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »