Membanggakan, Kabupaten Raja Ampat vs Negara Maladewa

Kamis, 10 Januari 2013 - 18:06 wib | Mutya Hanifah - Okezone

Desa Arborek di Kabupaten Raja Ampat yang indah (Foto: Fitri/Okezone) Desa Arborek di Kabupaten Raja Ampat yang indah (Foto: Fitri/Okezone) DALAM banyak kesempatan, kecantikan alam Raja Ampat kerap dibandingkan dengan Maladewa atau Maldives. Ternyata, ini bukan pertama kalinya, bahkan dalam perhelatan dunia.

Raja Ampat disandingkan dengan destinasi-destinasi pulau cantik lain dari seluruh dunia, seperti Maladewa, Santorini, Bahama, Hawaii, Vanuatu, dan St.Lucia sebagai 10 Destinasi Pulau Impian 2013. Memang, pesona Raja Ampat sering dibandingkan dengan destinasi pulau indah lain di dunia.

"Dalam festival-festival atau kegiatan internasional, Raja Ampat pasti selalu dibandingkan dengan Maladewa atau Karibia. Karena sama cantiknya, bahkan tidak kalah!," kata Yusdi Lamatenggo, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, saat dihubungi Okezone, Kamis (10/1/2013).

Yang membanggakan, tambah Yusdi, status Raja Ampat yang 'hanya' kabupaten dibandingkan dengan Maladewa yang merupakan sebuah negara. "Mereka membandingkan Raja Ampat dengan Maladewa. Raja Ampat itu kabupaten dan Maladewa tingkatannya negara, tapi ternyata kabupaten saja bisa memiliki potensi segini besar," jelasnya.

Dikatakan Yusdi, potensi Raja Ampat di Provinsi Papua Barat masih lebih baik dibandingkan Maladewa. "Raja Ampat punya 1.846 pulau sedangkan Maladewa hanya 1.100 pulau. Keanekaragaman hayati juga kita yang lebih banyak," tuturnya.

Hanya saja, masalah pengelolaan yang menjadi pembeda Maladewa dan Raja Ampat. "Karena negara, pengelolaan wisata di Maladewa itu bisa dilakukan seoptimal mungkin. Sedangkan Raja Ampat kan tingkatan kabupaten, masih harus melewati tingkatan provinsi lagi, baru kemudian sampai ke pusat," tutupnya. (ftr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »