Tempat Seru Berburu Oleh-Oleh di Jawa Tengah

Senin, 21 Januari 2013 - 22:30 wib | Adhia Azkapradhani - Okezone

Tempat Seru Berburu Oleh-Oleh di Jawa Tengah Kain tenun lurik troso (Foto: Pelapak) BERLIBUR ke suatu tempat, tak lengkap tanpa membeli oleh-oleh. Seperti halnya ke Jawa Tengah, yang tak cukup jika hanya berkeliling ke situs-situs bersejarah karena wisata belanja ke pusat-pusat kerajinannya tak kalah menarik.
 
Batik hingga pahatan dan patung-patung dapat Anda temui di Jawa Tengah. Berikut adalah beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi untuk membeli oleh-oleh khas Jawa Tengah, seperti dikutip dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah.



Batik dan kain tenun
Batik khas Jawa Tengah dapat ditemui dengan sangat mudah di seluruh sudut Jawa Tengah. Motif batik yang dijual pun berbeda-beda menurut ciri khas masing-masing. Salah satu tempat membeli batik dalah Pasar Klewer Surakarta dan Kampung Batik Kauman.
 
Kain tenun lurik yang terkenal dari Jawa Tengah dibuat menggunakan alat tenun bukan mesin. Kain ini sangat cocok digunakan untuk pakaian atasan ataupun sarung. Untuk dekorasi rumah, kain tenun lurik dapat juga dijadikan hiasan dinding. Salah satu kain tenun yang terkenal adalah kain tenun lurik torso yang bisa Anda dapatkan di Kabupaten Jepara.



Kerajinan logam
Jawa Tengah menjadi salah satu tempat produksi aneka kerajinan logam. Untuk mendapatkan kerajinan berbahan dasar tembaga, Anda dapat mengunjungi Tumang. Di sana, para pengrajin membuat lampu berdiri dengan bahan dasar tembaga. Sementara untuk penyuka seni musik dan budaya daerah, tambahkan koleksi gamelan dan keris Anda dari Desa Wirun-Sukoharjo.



Kerajinan pahatan
Kerajinan pahat kayu yang berkualitas dari Jawa Tengah tak hanya diminati pasar lokal. Barang-barang ini bahkan sudah diekspor hingga ke luar negeri. Daerah Tahunan yang berada di Kabupaten Jepara merupakan pusat ukiran dan furnitur kayu yang terkenal. Di Kabupaten Blora, Anda pun dapat menemukan seniman kerajinan yang berasal dari bubut kayu jati.
 
Kerajinan pahat batu sangat mudah didapatkan. Sepanjang jalan utama dari Borobudur menuju Muntilan, berderet hasil pahatan batu dijual kepada wisatawan. Bentuknya pun bermacam-macam, seperti patung klasik, tokoh, hewan, ornamen, hingga hiasan air mancur. Jika ingin mencari kerajinan batu akik, Anda dapat pergi ke lokasi wisata Sangiran, Kabupaten Sragen.
(ftr)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »