Lihat Unta Bertarung saat Musim Kawin di Turki

Minggu, 10 Februari 2013 - 12:25 wib | Adhia Azkapradhani - Okezone

Lihat Unta Bertarung saat Musim Kawin di Turki Pertarungan unta (Foto: Amusingplanet) MELIHAT pertarungan ayam ataupun domba sudah jadi hal yang biasa. Namun, bagaimana jika yang bertarung adalah unta.
 
Gulat unta adalah sebuah olahraga tradisional yang sangat populer di sepanjang pantai barat Turki. Pertarungan ini melibatkan unta jantan dari desa-desa lokal untuk bertarung dalam sebuah stadion berdebu. Pertarungan unta menjadi tontonan yang menarik bagi orang-orang Turki.
 
Unta-unta ini dikenakan kain-kain berwarna cerah dan motif yang dekoratif, pelana diukir, yang mulai memasuki arena disertai musik dan tari. Pemilik unta mengenakan topi kotak-kotak, syal adat di leher, jaket, celana, dan sepatu bot khusus serta membawa sebuah akordeon. Pada malam sebelum turnamen, pemilik unta dan pencinta gulat bertemu dengan teman-teman baru dan kenalan lama untuk menikmati makanan, minuman, dan tentunya berpesta, seperti dilansir AmusingPlanet, Minggu (10/2/2013).
 
Masalah terbesar dalam gulat unta adalah meyakinkan unta untuk bertarung melawan unta lainnya. Unta tidak dilahirkan untuk sebuah pertempuran. Akibatnya, gulat unta terlihat lebih mirip dengan komedi daripada olahraga pertempuran penuh darah.
 
Untuk memancing unta-unta lebih garang, gulat diselenggarakan selama musim kawin. Ketika itulah unta jantan sangat ingin memenangkan kekaguman dari betina. Seekor unta betina akan dibawa ke dalam arena untuk berparade sebelum akhirnya dibawa pergi.
 
Pertandingan berlangsung tidak lebih dari 10 menit. Saat salah satu unta berlari meninggalkan area pertandingan, saat itulah unta yang lain dinyatakan sebagai pemenang. Pertarungan unta sendiri sudah dimulai sejak lama. Awalnya, pertandingan dilakukan untuk melihat kemampuan antar kafilah di Timur Tengah.
(ftr)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »