Wawancara Eksklusif Kadispar DIY

Hotel Penuh Tamu, Yogyakarta Lirik Peserta Rapat

Kamis, 4 April 2013 - 21:11 wib | Adhia Azkapradhani - Okezone

 Hotel Penuh Tamu, Yogyakarta Lirik Peserta Rapat Tazbir (Foto: dok. pribadi) YOGYAKARTA - Banyaknya hotel di Yogyakarta tentunya berdampak positif bagi pariwisata Kota Gudeg. Agar okupansi hotel tinggi, Yogyakarta melirik wisatawan MICE atau para peserta rapat dan konvensi.

Saat ini, keberadaan hotel di Yogyakarta sudah semakin banyak. Ini menjadi tanda bahwa pariwisata Yogyakarta semakin diminati wisatawan. Namun begitu, kenyataan ini juga memberikan pekerjaan rumah bagi para pelaku industri pariwisata di Yogyakarta untuk menarik lebih banyak wisatawan.

“Dengan banyaknya hotel, Yogyakarta terpromosikan dengan luar biasa karena mereka punya tim juga yang bekerja luar biasa untuk tarik tamu,” kata Tazbir, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, kepada Okezone di kantornya, belum lama ini.

Jika saat akhir pekan dan libur panjang hotel-hotel di Yogyakarta dipastikan penuh, yang harus menjadi fokus kemudian adalah tingkat okupansi hotel saat hari kerja. Oleh karena itu, wisatawan MICE menjadi fokus lainnya untuk mengisi okupansi tersebut.

“Hotel di Yogya itu harusnya penuh sepanjang tahun atau minimal stabil sepanjang tahun atau di atas 50 persen dan saat libur mencapai 80 persen. Saat weekdays, harapannya di MICE karena enggak ada anak sekolah dan orang liburan,” jelasnya.

Untuk menarik semakin banyak wisatawan MICE, Yogyakarta merencanakan paket khusus. Misalnya, paket yang menyediakan penginapan, fasilitas rapat lengkap, serta berbagai tur yang dapat dinikmati setelah rapat. Selain itu, hotel kini tidak hanya menjual kamar, juga beragam fasilitas yang mendukung kegiatan MICE. (ftr)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »