Waktu Terbaik Beli Tiket Pesawat Murah

Selasa, 9 April 2013 - 18:09 wib | (koran Sindo) - Koran SI

Waktu Terbaik Beli Tiket Pesawat Murah (Foto: hlntv) BERLIBUR menjadi kegiatan yang pasti amat dinantikan. Namun, akan jadi sebaliknya bila Anda melalaikan hal-hal sepele.

Sebaiknya untuk menentukan destinasi wisata, libatkan anggota keluarga. Peraturannya, tempat yang dikunjungi harus mencakupi kebutuhan semua anggota keluarga.

Anak-anak akan suka dengan tempat yang menawarkan permainan. Sementara, orang dewasa cenderung mencari tempat di mana mereka bisa berbelanja atau bersosialisasi. Mereka yang lebih tua akan memilih tempat yang menyediakan nuansa rileksasi.

Selanjutnya, tentu menentukan moda transportasi yang digunakan. Bepergian dengan mobil, pastikan ketersediaan bahan bakar.

Tak kalah penting adalah asuransi mobil untuk berjaga seandainya terjadi kecelakaan. Bawa barang yang diperlukan dan atur sedemikian rupa untuk pengepakannya. Sebab, umumnya perlengkapan yang ada di tempat wisata biasanya berbiaya tinggi.

Untuk bepergian jarak jauh dengan waktu yang cepat, pesawat menjadi pilihan utama. Terlebih, dewasa ini harga tiket pesawat lebih bersahabat. Membuat perjalanan ke luar negeri sekalipun, mengunjungi tempat-tempat wisata impian menjadi terjangkau. Anda pun tentu merasa lebih nyaman menggunakan pesawat dan dapat menghemat waktu sehingga jatah cuti Anda tidak hanya habis di perjalanan.

Nah, untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih miring, sebenarnya ada trik tersendiri. Menurut Joe Brancatelli, pemilik website travel JoeSent- Me.com, sebaiknya lakukan reservasi enam minggu sebelum bepergian. Dengan cara ini, penumpang akan membayar harga tiket termurah, hampir 6% lebih murah ketimbang harga tiket rata-rata.

"Di Amerika, umumnya calon penumpang melakukan booking tiket 42 hari sebelumnya. Maskapai menerapkan transaksi setiap waktu, tapi rata-rata konsumen banyak yang memilih reservasi 42 hari sebelumnya," kata Chuck Thackston dari Airlines Reporting Corporation (ARC).

Cara lain untuk membayar tiket dengan harga lebih miring adalah memilih penerbangan pertama pada pagi hari. Itu artinya, Anda harus pergi ke bandara pada pukul 04.00 pagi.

Tiket pesawat juga akan lebih murah selama jam makan siang atau setelahnya, serta saat waktu makan malam. Pemilihan hari keberangkatan juga berpengaruh pada tarif yang dikenakan.

Dilansir dari HuffingtonPost, tiket pesawat termurah dalam setiap pekan biasanya pada Selasa dan Rabu. Pada kedua hari itu, Anda bisa mendapatkan tiket pesawat termurah dibanding hari lain.

Selain itu, bulan apa Anda pergi juga sangat penting untuk diperhatikan. Tentu saja, pada bulan-bulan ramai liburan, seperti Juni-Agustus dan November-Januari, Anda harus banyak berdoa agar bisa mendapat tiket pesawat supermurah.

Bila ingin mendapat tiket murah, Anda bisa memesan tiket untuk perjalanan pada pertengahan Januari hingga awal Maret. Pada bulan-bulan tersebut, tidak ada musim liburan yang cukup panjang sehingga harga tiket masih cukup murah.

Untuk membandingkan harga tiket pesawat termurah, Anda tidak perlu repot-repot mengunjungi satu per satu situs maskapai. Situs penyedia tiket murah dapat membantu Anda mencari tiket termurah sesuai tanggal yang diinginkan.

Setelah memesan tiket, pastikan dan konfirmasi ulang sehari sebelum keberangkatan, apakah ada penundaan penerbangan atau tidak. Jika Anda bepergian menggunakan jasa agen perjalanan, tak ada salahnya membandingkan paket liburan dan harga promosi yang ditawarkan oleh beberapa agen perjalanan, sebelum menjatuhkan pilihan. Kemudian, tanyakan apakah harga yang dikenakan tersebut sudah termasuk transportasi, pajak, tour guide, dan tiket masuk ke tempat tujuan wisata. (ftr)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »