'Menyelinap' ke Malaysia lewat Jalur Darat

Jum'at, 19 April 2013 - 16:11 wib | Mutya Hanifah - Okezone

'Menyelinap' ke Malaysia lewat Jalur Darat Tebedu, Malaysia (Foto: Mutya/Okezone) MASUK ke Negeri Jiran tidak hanya bisa melalui jalur udara. Bagi Anda yang ingin bertualang, bisa juga memasuki Malaysia melalui Entikong, Kalimantan Barat.

Banyak jalan menuju Malaysia. Salah satu rute yang menarik dan mungkin tidak banyak dilakukan wisatawan Indonesia adalah memasuki negara tetangga lewat jalan darat di Kalimantan Barat.

Wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia di Kalimantan Barat adalah Serawak, dengan ibu kotanya Kuching. Karena itu, mudah untuk mengunjungi negara ini dari Ibu Kota Kalbar, Pontianak.

Beberapa waktu lalu, Okezone berkesempatan melewati perbatasan Indonesia-Malaysia yang berada di Entikong, Kalimantan Barat, dengan mobil pribadi. Sopir kami, Anto, yang merupakan warga asli Pontianak, mengatakan bahwa banyak bus antarnegara yang siap mengantar wisatawan dari Pontianak ke Kuching.

"Ada bus Malaysia, ada juga bus Indonesia. Biasanya dari Pontianak pakai bus Damri yang langsung ke Kuching. Perjalanan dari Pontianak menuju Kuching kira-kira 8-10 jam," ceritanya.

Sepanjang perjalanan kami dari Pontianak menuju Kuching, memang terlihat banyak bus antar negara. Kondisi bus pun beragam, ada bus super eksekutif yang sangat mewah hingga bus ekonomi yang berhenti di banyak kota.

"Biasanya bus ini berangkat malam atau pagi sekali. Karena pos perbatasan di Entikong hanya buka pukul 06.00-18.00 WIB," ujarnya.

Selain bus, Anda juga boleh membawa mobil pribadi ke wilayah Malaysia. "Tapi biasanya ada biayanya untuk izin. Mobil tersebut juga harus lengkap surat-suratnya," cerita Anton. Saat kami memasuki wilayah Kuching, memang sesekali terlihat mobil dengan plat nomor Indonesia di kota tersebut.

Jalanan dari Pontianak menuju Kuching relatif mulus, hanya siap-siap mabuk darat bagi Anda yang tidak biasa berpergian dengan mobil. Jalanannya cenderung menanjak dan menurun sepanjang jalan.

Saat di wilayah Kalimantan, di sisi kanan dan kiri Anda akan ditemani pemandangan hutan dan perkebunan sawit yang sejuk. Di malam hari, jalanan menjadi gelap karena penerangan hanya dari mobil atau truk yang lewat serta rumah-rumah penduduk di tepi jalan.

Masuk ke wilayah Malaysia di Tebedu, Anda akan melihat jalanan yang lebih lebar dari Indonesia. Jalanannya lebih mulus dan juga lebih menanjak dari sebelumnya. Pemandangannya adalah bukit-bukit hijau yang terlihat jauh dari jalanan.

Perjalanan darat dari Pontianak menuju Kuching mungkin melelahkan. Namun, tidak ada salahnya mencoba, apalagi bila Anda bosan hanya melihat pemandangan awan, seperti bila berpergian dengan pesawat. (ftr)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »