Pengaruh Badai pada Penerbangan

Senin, 29 April 2013 - 11:22 wib | Mutya Hanifah - Okezone

Pengaruh Badai pada Penerbangan Berpengaruhkah badai pada penerbangan? (Foto: wikipedia) CUACA buruk saat penerbangan seperti awan gelap, hujan mendadak, dan petir yang menyambar tiba-tiba dapat membuat penumpang pesawat was-was. Sebenarnya, seberapa bahaya cuaca buruk bagi penerbangan?

Menurut mantan Kapten Pilot US Airways, John Cox, badai dan cuaca buruk dapat membahayakan pesawat. "Badai dapat menyebabkan kerusakan struktur pesawat, karena itu para pilot sebaiknya menghindari badai. Dengan radar cuaca dan komunikasi untuk mengontrol lalu lintas udara, pilot dapat mengetahui daerah terbang mana yang terdapat badai," tutur Cox, seperti dilansir USAToday, Senin (29/4/2013).

Radar cuaca memiliki teknologi yang dapat menunjukkan lokasi windshear. Windshear adalah perubahan keadaan udara yang cepat, yang dapat memaksa pesawat turun kembali ke daratan. "Dulu, kecelakaan akibat windshear sering terjadi, namun setelah ada teknologi yang lebih canggih, hal tersebut bisa dihindari," ujarnya.

Selama tahun 1970an hingga 1990an, ada beberapa kecelakaan pesawat yang disebabkan oleh badai. Namun sejak pertengahan 1990an, dengan kemajuan teknologi dan pelatihan pilot, tidak banyak lagi kecelakaan pesawat yang disebabkan badai. "Ya, badai memang dapat menyebabkan kecelakaan pesawat. Namun kini, risiko hal itu terjadi sudah sangat rendah," tukas Cox. (ftr)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »