Bangga Berkebaya, Singapore Airlines Takkan Ganti Seragam Pramugarinya

Rabu, 8 Mei 2013 - 18:07 wib | Fitri Yulianti - Okezone

Awak kabin Singapore Airlines (Foto: smh) Awak kabin Singapore Airlines (Foto: smh) JAKARTA – Sejak 1972, pramugari Singapore Airlines telah dikenal dengan seragam batiknya yang khas. Pihak Singapore Airline menegaskan tidak akan mengubahnya meski beberapa maskapai mulai melakukan terobosan tersebut.

Singapore Girl adalah awak kabin Singapore Airlines yang mudah dikenali lantaran seragam yang mereka kenakan. Anda yang pernah melakukan perjalanan dengan maskapai ini tentu melihatnya; atasan berupa kebaya dan rok panjang semata kaki dengan warna dasar biru.

Seragam tersebut telah menjadi ikonik di mata penumpang Singapore Airlines. Inilah alasan pihak maskapai tidak ingin menggantinya.

"Kru kami mengenakan batik dan kebaya, tidak akan ada perubahan sampai kapanpun," kata David Lau, General Manager Singapore Airlines Indonesia, usai jumpa pers di Jakarta, Rabu (8/5/2013).

Beberapa maskapai di dunia melakukan terobosan dalam hal seragam pramugarinya. Namun, David menegaskan bahwa Singapore Airlines tidak tertarik.

"Seragam kami mengambarkan kebudayaan Asia, dan mereka terlihat cantik dengan itu. Pada uji publik yang kami lakukan, mereka mengatakan menyukainya. Seragam kami telah menjadi ikon, seperti halnya hanya ada satu Monas di Indonesia," tambahnya.

Dikatakan David, perubahan penampilan awak kabin Singapore Airlines bukan pada seragam melainkan riasan wajahnya. Riasan dibuat lebih lembut dibandingkan sebelumnya. Awalnya, riasan mata pramugari berwarna biru pekat, tapi sekarang sedikit lebih lembut.

David justru tertarik memfokuskan perhatian pada branding image Singapore Airlines di mata pelanggannya, yakni pelayanan yang baik dan bisa diandalkan. Dia mencontohkan, penerbangan tidak delay, menu makanan yang lezat dan variatif, kemananan, dan lainnya.

"Kami bangga dengan seragam kami, masyarakat juga mencintainya, seperti orang Indonesia bangga dengan kebudayaannya. Pelanggan kami mengatakan, bahwa di manapun mereka berada, ketika masuk kabin dan duduk, kemudian awak kabin kami yang berkebaya datang, mereka merasa seperti kembali ke rumah," tutupnya. (ftr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »