Rangkaian Seremonial Waisak di Candi Borobudur

Rabu, 22 Mei 2013 - 09:01 wib | Mutya Hanifah - Okezone

Candi Borobudur, Magelang (Foto: ist) Candi Borobudur, Magelang (Foto: ist) PADA peringatan nasional Hari Raya Waisak 2557 yang jatuh 25 Mei 2013, umat Budha dari seluruh Indonesia dan mancanegara akan berkumpul di Jawa Tengah. Mereka akan berpartisipasi dalam prosesi suci hari suci umat Budha ini.

Sebagai tradisi yang selalu dilakukan rutin setiap tahun, Waisak akan dimulai dengan para umat Budha berdoa di Candi Mendut. Setelah itu, mereka akan berkumpul di kaki Candi Borobudur, membawa obor dengan api abadi, air suci, dan simbol-simbol Budha yang akan ditempatkan di altar utama Candi Borobudur.

Para umat kemudian akan menyalakan lilin sambil membacakan Ghata Visaka Puja. Mereka kemudian melakukan ritual Pradaksina atau mengelilingi Candi Borobudur sebanyak tiga kali, dari timur ke barat.

Beberapa hari sebelum prosesi ini, Asosiasi Budha Indonesia (Walubi) mengadakan kegiatan sosial, seperti perawatan gigi, mata, dan perawatan kesehatan lainnya bagi orang tidak mampu, seperti dikutip dari IndonesiaTravel, Selasa (21/5/2013).

Waisak, yang jatuh pada malam bulan purnama Mei ini, merupakan peringatan tiga perhelatan penting, yaitu kelahiran, pencerahan, dan kematian Budha Sidharta Gautama. Setiap tahunnya, prosesi dan seremonial Waisak di Candi Borobudur menarik ribuan wisatawan dari seluruh Indonesia dan turis mancanegara, terutama negara tetangga yang mayoritas beragama Budha. (ftr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »