Sulitnya Bikin Visa di 9 Negara (1)

Sabtu, 25 Mei 2013 - 10:09 wib | Mutya Hanifah - Okezone

Rajin-Sonbong Free Trade Zone, Korea Utara (Foto: telegraph) Rajin-Sonbong Free Trade Zone, Korea Utara (Foto: telegraph) MENGURUS visa memang suatu proses yang melelahkan. Apalagi, bila sudah capek mengurus visa namun akhirnya ditolak oleh kedutaan negara bersangkutan.

Banyak negara yang pada dasarnya sulit untuk calon wisatawan mengurus visanya, seperti diulas Telegraph berikut ini:

Korea Utara
Berkaitan dengan situasi politiknya, Korea Utara menjadi salah satu negara yang tersulit bagi calon wisatawan untuk mendapatkan visa. Turis dari Korea Selatan tidak diperbolehkan masuk negara ini, begitu pula turis dari Israel, Amerika Serikat, dan Jepang. 

Bahkan ketika masukpun, turis tidak bisa sembarangan di Korea Utara. Mereka harus didampingi pemandu wisata resmi dari Pemerintah Korut dan tidak diperbolehkan berjalan-jalan sendiri.

Rusia
Visa Rusia sangat tidak fleksibel dan hanya memperbolehkan Anda berada di negaranya selama 30 hari. Anda juga butuh undangan khusus untuk mendapatkan visa ke negara ini. 

Kongo
Meski negara ini tidak sebahaya dulu, proses aplikasi visa masuk Kongo masih cukup sulit. Bahkan, kadang turis harus membayar uang sogokan kepada petugas visa agar dipercepat proses aplikasinya.

Angola
Proses pembuatan visa yang lama adalah masalah utama di negara di Afrika Barat ini. Wisatawan butuh biaya konsuler, undangan dari warga Angola, serta setidaknya uang deposit sebesar Rp1 juta per hari selama berada di negara ini. 

Iran
Semua visa harus disetujui oleh Kementerian Luar Negeri Iran yang berada di Teheran dan prosesnya bisa sangat lama. Pemegang paspor Inggris dan Amerika Serikat bahkan harus ditandai sidik jarinya saat tiba di Iran. (ftr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »