8 Aktivitas Liburan Seru di Ujung Kulon & Estimasi Biayanya (I)

Rabu, 5 Juni 2013 - 13:59 wib | Fitri Yulianti - Okezone

8 Aktivitas Liburan Seru di Ujung Kulon & Estimasi Biayanya (I) Taman Nasional Ujung Kulon (Foto: Mutya/Okezone) LIBUR akhir pekan panjang sudah tiba, juga sebentar lagi libur sekolah. Sudahkah Anda merencanakan destinasi wisata kali ini? TN Ujung Kulon siap memberikan pengalaman liburan menyenangkan untuk Anda.

Pelayanan Taman Nasional (TN) Ujung Kulon terdapat di enam pintu masuk, yaitu Labuan, Sumur, Tamanjaya, Pulau Handeuleum, Pulau Peucang, dan Pulau Panaitan. Seperti juga pulau-pulau lain di Indonesia, terutama pulau-pulau komersial, untuk berlabuh di pulau-pulau di kawasan TN Ujung Kulon, maka kapal motor yang dinaiki oleh pengunjung wajib membayar biaya tambat, yang besarnya bervariasi antara Rp50 ribu-Rp100 ribu tergantung pada besar kecilnya tenaga motor yang digunakan.

Untuk pembuatan film dan video komersial juga dikenakan biaya mulai Rp1,5 juta-Rp2 juta sedangkan untuk pengunjung yang membawa handycam dan kamera biasa dikenakan biaya Rp5.000-Rp15 ribu. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di TN Ujung Kulon, antara lain, seperti dilansir dari buku Tanjung Lesung; Pintu Gerbang Krakatau Ujung Kulon oleh Gagas Ulung Lilly T. Erwin, dan Abang Erwin.

Menyelam
Panorama alam bawah laut yang indah dapat dinikmati di beberapa lokasi, di antaranya di Pulau Peucang dan Pulau Panaitan. Biaya yang harus dibayar pada pihak TN Ujung Kulon untuk melakukan aktivitas ini, adalah Rp50 ribu per orang.

Snorkeling

Keindahan biota laut berupa karang dan aneka ikan hias serta panorama taman bawah laut dapat dinikmati di sekitar Pulau Peucang. Biayanya Rp40 ribu per orang.

Berselancar
Pulau Panaitan merupakan surga bagi para peselancar, baik lokal maupun asing, khususnya di daerah One Palm Point yang menjadi tempat favorit karena ombaknya. Untuk tiap peselancar dikenakan biaya Rp10 ribu.

Memancing
Wilayah Pulau Peucang dan Pulau Panaitan sering dijadikan tempat memancing bahkan ada turnamen memancing nasional, seperti turnamen Piala Presiden dan kejuaran memancing TNI-AL yang rutin dilaksanakan.

Kano
Menyusuri Sungai Cigenter di wilayah Pulau Handeuleum dengan dayung kano merupakan pengalaman yang tidak akan dapat dilupakan, khususnya dalam perjalanan selama 1 jam itu Anda akan berjumpa dengan satwa-satwa liar di pinggir sungai, seperti rusa, babi hutan, monyet, bahkan ular. Tiap orang dikenakan biaya Rp50 ribu plus sewa kano Rp100 ribu untuk 5 orang.

Keindahannya TN Ujung Kulon seperti tampak pada galeri foto berikut. (ftr)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »