Alasan Venezuela & Arab Saudi Jual Murah BBM

Rabu, 19 Juni 2013 - 12:22 wib | Dina Mirayanti Hutauruk - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Okezone) Ilustrasi. (Foto: Okezone) JAKARTA - Kementrian Keuangan (Kemenkeu) mengatakan, harga BBM di Indonesia masih terlalu rendah bila melihat cadangan BBM dan jumlah penduduk Indonesia. Pasalnya semakin besar cadangan dan semakin rendah jumlah penduduk harusnya membuat harga BBM semakin rendah.

"Di negara-negara Asia kebanyakan harga-harga lebih mahal dari Indonesia, terlihat di cadangan dan jumlah penduduknya," ujar Wakil Menteri Keuangan Anny Rahmawati, saat pemaparaannya sosialisasi kenaikan BBM, Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Bila melihat Indonesia dengan penduduk 242,3 juta orang mempunyai cadangan hanya 4 miliar barel minyak mentah dengan harga Rp4.500 per liter. Sedangkan Malaysia dengan cadangan yang sama 4 miliar barel dengan penduduk 28,9 juta harganya lebih tinggi dari Indonesia.

"Ini harga BBM Venezuela lebih murah karena penduduknya sedikit, 29 juta jiwa tapi cadangan 297 miliar barel," ujar Anny.

Apalagi dibandingkan Saudi Arabia yang penghasil minyak harganya jauh lebih murah karena cadangannya 267 miliar dengan penduduk yang sedikit, sekira 28,1 juta orang. (wdi)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »