Di Kurikulum 2013, Siswa Kelas X Sudah Dijuruskan

Rabu, 3 Juli 2013 - 13:14 wib | Bramantyo - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone) Ilustrasi. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone) SOLO - Mengawali tahun ajaran 2013/2014, sejumlah SMA di Solo melakukan tes penjurusan bagi siswa barunya yang saat ini memasuki kelas X. Selain agar siswa lebih konsen dalam jurusannya selama tiga tahun, juga sebagai implementasi Kurikulum 2013.

"Sesuai anjuran Kurikulum 2013, siswa bisa langsung dijuruskan pada saat awal memasuki kelas X. Tujuannya agar siswa lebih konsen dalam jurusannya selama tiga tahun studi," jelas Kepala seksi (Kasi) Kurikulum Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) kota Solo, Budi Setiono, Solo, Jawa Tengah, Rabu (3/7/2013).

Untuk proses penjurusan, menurut Budi, menjadi kewenangan sekolah masing-masing. Hanya saja untuk penjurusannya harus disesuaikan dengan minat dan kemampuan.

Di tempat terpisah, Wakil kepala bidang Humas SMAN 2 Surakarta, Ajuandi mengatakan bahwa untuk mengetahui minat dan bakat siswa, pihaknya menggelar serangkaian kegiatan meliputi wawancara, tes potensi akademik (TPA), dan tes penjurusan. Wawancara dilakukan ketika siswa melakukan proses daftar ulang.

Sedang pelaksanaan tes penjurusan di SMAN 2 Surakarta, menurut Ajuandi, akan digelar Kamis (4/7/2013). Materi tes penjurusan IPA meliputi mata pelajaran (mapel) ciri khusus IPA, yakni Fisika, Kimia, Biologi. Sedang materi tes penjurusan IPS juga mapel ciri khusus IPS, yakni Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi.

Hal senada juga dikemukakan Wakil Kepala bidang Humas SMAN 4 Surakarta, Suyono. Ia mengungkapkan bahwa tes penjurusan dilakukan pada Rabu (3/7/2013) ini dengan materi soal mapel umum, yakni Matematika, IPA dan IPS terpadu. (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »