Awas, Banyak Hiu di Tempat-Tempat Ini!

Jum'at, 19 Juli 2013 - 22:12 wib | Mutya Hanifah - Okezone

(Foto: NYDailynews) (Foto: NYDailynews) SIAPA yang tidak takut hiu? Keberadaan hiu ganas kadang membuat wisatawan takut untuk berenang atau bermain-main di laut. Karena itu, ketahui dulu, di laut mana biasanya hiu paling banyak terlihat.

Menurut data International Shark Attack File (ISAF), tercatat ada 118 insiden yang melibatkan serangan hiu pada manusia sepanjang 2012. Dari 118 kejadian tersebut, 80 di antaranya terjadi tanpa ada provokasi dari manusia.

ISAF mengungkapkan bahwa perairan di Amerika Utara, seperti di Hawaii dan Karibia, adalah tempat dimana biasanya terjadi serangan hiu pada manusia tanpa terprovokasi. Tahun lalu, di area tersebut terjadi 50 persen serangan dari seluruh serangan hiu di dunia.

"Hal ini juga banyak terjadi di tempat tersebut karena di sana banyak wisatawan yang melakukan olahraga air," demikian pernyataan dari ISAF, seperti dikutip dari IBTimes, Jumat (19/7/2013).

Perairan Australia menempati peringkat kedua sebagai tempat yang paling banyak terjadi serangan hiu. Laut-laut di Australia memang dikenal dihuni banyak hiu, seperti di New South Wales dan Australia Barat.

Tempat lain yang banyak terjadi serangan hiu, adalah pulau Reunion di Samudera Hindia dekat Madagaskar, dimana juga terjadi serangan terhadap wisatawan yang sedang snorkeling belum lama ini. Begitu pula di Afrika Selatan yang populasi hiu putih raksasanya cukup banyak.

Kepulauan Canary di Spanyol, Indonesia, Selandia Baru, Nigeria, Arab Saudi, dan Tonga adalah sederet tempat yang sering terjadi serangan hiu tanpa terprovokasi. Hati-hati! (ftr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »