10 Serba-serbi Menarik Seputar Eropa

Negara Terkecil di Dunia, Adanya di Eropa

Jum'at, 19 Oktober 2012 - 20:10 wib | Mutya Hanifah - Okezone

Basilika Santo Petrus, Vatikan (Foto: jalanjalankelilingdunia.blogspot) Basilika Santo Petrus, Vatikan (Foto: jalanjalankelilingdunia.blogspot) Vatikan

Vatikan merupakan negara merdeka terkecil di dunia, dari segi luas wilayah dan jumlah penduduk. Vatikan merupakan sebuah enklaf yang berada di dalam wilayah kota Roma di Italia. Vatikan merupakan tempat tinggal Paus dan wilayah Takhta Suci, otoritas pusat Gereja Katolik.

Kota Vatikan terletak di atas bukit Vatikan di sebelah barat laut kota Roma, beberapa ratus meter dari Sungai Tiber. Perbatasannya dengan Italia sepanjang (3,2 km) mengikuti tembok kota yang dahulu dibangun untuk melindungi Paus dari serangan.

Hampir semua 890 warga Vatikan tinggal di dalam tembok Kota Vatikan. Mereka termasuk rohaniawan/rohaniawati dan Garda Swiss sebuah unit tentara bayaran dari Swiss yang secara tradisi telah menjadi pasukan pengawal Paus dan Vatikan semenjak tahun 1506. Warga Vatikan 100% beragama Katolik. Bahasa resmi adalah Bahasa Latin, tetapi Bahasa Italia lebih sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kota Vatikan merupakan warisan budaya yang sangat penting. Beberapa gedung, seperti Basilika Santo Petrus, Kapel Sistina, dan Museum Vatikan, merupakan gedung-gedung yang sangat indah. (ftr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List