10 Atraksi Wisata Aneh di Asia Tenggara

Sadis! Menonton Festival Debus di Malaysia

Senin, 21 Januari 2013 - 08:10 wib | Mutya Hanifah - Okezone

Sadis! Menonton Festival Debus di Malaysia Festival Thaipusam, Malaysia (Foto: BBC) MALAYSIA ternyata juga memiliki banyak festival tahunan yang menarik banyak wisatawan. Salah satunya adalah Festival Thaipusam, yang merupakan semacam pertunjukan debus di Indonesia yang melibatkan alat-alat berbahaya.

Thaipusam adalah festival umat Hindu yang paling populer di Malaysia, yang menandai hari dimana putra Dewa Siwa, Muruga, diberikan perintah untuk menghancurkan tiga setan Asura. Festival ini mempertunjukkan tindikan tubuh di lidah, pipi dan mulut berulang kali, mirip seperti pertunjukan debus.

Umat Hindu di Malaysia membutuhkan waktu 48 hari untuk mempersiapkan festival ini, yang diadakan pada pertengahan Januari hingga pertengahan Februari, ketika bulan purnama ke 10 menurut kalender Tamil. Persiapan pesta ini termasuk diet spesial serta ritual membersihkan diri, tidur di lantai dan juga ibadah harian.

Festival ini mengambil tempat di Gua Batu. Ribuan orang akan darang mengucap syukur kepada Muruga, yang dipercaya sebagai Dewa Perang. Di dalam gua ini banyak terdapat monyet-monyet yang berkeliaran liar.

Tontonan utama festival ini adalah menggendong kereta perak Dewa Muruga, dari kuil Sri Mahamariamman di Kuala Lumpur menuju gua batu. Kereta ini memiliki berat sekitar 350 kilogram.

Para umat Hindu yang berpartisipasi dalam festival ini akan terlihat seperti berperilaku masokis, sebagai pemenuhan atas doa-doa yang dijawab. Mereka mengaitkan kulit satu sama lain dengan menggunakan peniti, lalu juga menindik kulit dengan banyak anting yang dihias bulu burung merak dan bunga-bunga.

Mereka terlihat seperti dalam keadaan trans atau kesurupan, lalu kemudian diakhiri dengan mengobatinya dengan jus lemon dan abu suci. (ftr)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List