8 Fakta di Balik Perayaan Imlek

Asal-usul Imlek, Kemenangan Melawan Hewan Jahat

Rabu, 6 Februari 2013 - 00:23 wib | Adhia Azkapradhani - Okezone

Perayaan imlek (Foto: Wikipedia) Perayaan imlek (Foto: Wikipedia) Perayaan Tahun Baru China  yang akan jatuh pada 10 Februari 2013 sudah di depan mata. Kini, beberapa pusat keramaian kota mulai dipercantik dengan dekorasi bernuansa merah dan emas, sudah banyak pula lampion yang digantung.
 
Perayaan terbesar etnis Tionghoa ini dirayakan semarak di Indonesia. Merayakan atau tidak, ada beberapa fakta yang perlu Anda ketahui di balik perayaan Tahun Baru China, mulai asal-usul perayaan, negara-negara yang turut merayakan Imlek, hingga mitos-mitos yang beredar saat perayaan Imlek. Berikut adalah delapan fakta Tahun Baru China, seperti diulas GoAsia dan Weekendnotes.
 
Asal Usul Imlek
Diyakini jika perayaan Tahun Baru China sudah dimulai sejak pertengahan abad ke-14 SM. Oleh karena itu, perayaan ini menjadi salah satu perayaan tertua di dunia. Menurut legenda, Imlek merupakan perayaan atas kemenangan melawan Nian.
 
Nian adalah seekor hewan yang jahat dan tampak lapar. Hewan tersebut menyerbu China dan memakan hewan ternak serta anak-anak yang tak berdaya. Untuk menjaga agar Nian keluar dari kandang ayam dan dapat ditangkap, penduduk desa pun diminta mengenakan pakaian merah, menggantung berbagai tanda-tanda merah, serta menimbulkan suara-suara keras. Ketiga hal tersebut akhirnya menjadi ciri khas perayaan Tahun Baru China hingga saat ini. Meskipun begitu, di beberapa daerah terdapat perbedaan perayaan.
 
Kata “Nian” akhirnya digunakan sebagai pengganti kata “Tahun” dalam bahasa China. Oleh karena itu, Guo Nian menjadi ucapan Tahun Baru yang diucapkan secara tradisional. Namun, Kung Hei Fat lebih sering diucapkan oleh orang Kanton dan Gong Xi Fa Cai yang lebih populer digunakan sebagai ucapan Selamat Tahun Baru China berasal dari bahasa Mandarin.
(ftr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List