6 Keindahan Papua dari Laut hingga Gunung

Berbaur dengan Masyarakat Suku Asmat

Senin, 8 April 2013 - 00:13 wib | Adhia Azkapradhani - Okezone

Berbaur dengan Masyarakat Suku Asmat Festival Budaya Asmat dihelat setiap tahun (Foto: indonesiatravel) PULAU di ujung timur Indonesia ini memiliki keindahan yang tersohor di kalangan wisatawan dunia. Keindahannya meliputi bawah laut, daratan, hingga ke puncak gunung. Pesona alamnya mengagumkan, begitu juga kekayaan budayanya.

Jika Anda ke Papua, ada baiknya ketahui terlebih dahulu karakteristik setiap daerah. Dengan begitu, Anda tak perlu bingung untuk menentukan kegiatan liburan yang akan dilakukan. Untuk menambah informasi, berikut enam daerah di Papua yang direkomendasikan oleh Pemerintah Provinsi Papua:

Kabupaten Asmat

Terletak di bagian selatan Papua, di sinilah masyarakat Suku Asmat berkumpul. Di Kabupaten Asmat, masyarakatnya tinggal di pesisir pantai atau pinggir sungai.

Jangan heran jika ingin berkunjung ke distrik lain, setiap orang harus menggunakan speedboat atau longboat karena memang tidak ada akses darat. Bahkan di sini Anda dapat menemukan masyarakat lokal yang mengendarai kole-kole atau sampan yang terbuat dari kayu dengan dayung panjang untuk menggerakkannya.

Di Kabupaten Asmat, masyarakatnya memang kaya akan budaya. Sebuah acara festival bertajuk Festival Budaya Asmat diadakan setiap tahunnya di sini.

Festival tersebut sudah dikenal hingga mancanegara. Di sinilah berbagai hasil karya seni Suku Asmat, seperti patungnya yang sangat unik dan artistik, akan dipamerkan. Masyarakat lokal pun akan menghibur setiap pengunjung dengan tarian dan lagu-lagu khas Suku Asmat.

Untuk mencapai Suku Asmat memang tidak terlalu mudah. Setiap wisatawan harus menyinggahi Timika. Lalu, wisatawan harus menggunakan pesawat perintis menuju Ewer selama 45 menit. Perjalanan belum terhenti, Anda harus menggunakan speedboat menuju Agats selama 20 menit. (ftr)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List