6 Keunikan Wisata Myanmar

Jangan Kaget, Pria Myanmar Kenakan Rok

Rabu, 1 Mei 2013 - 22:27 wib | Adhia Azkapradhani - Okezone

Jangan Kaget, Pria Myanmar Kenakan Rok Pria Myanmar kenakan Longyi (Foto: acoupletrtavelers) Kebudayaan setiap daerah memang berbeda dan memunculkan keunikan tersendiri. Salah satunya dapat Anda temukan ketika berlibur ke Myanmar. Di negara ini, jangan kaget jika Anda melihat seorang pria menggunakan rok, itulah salah satu pakaian tradisional Myanmar yang masih dilestarikan hingga saat ini.
 
Pakaian tradisional Burma adalah longyi. Bentuknya seperti rok sampul yang dikenakan oleh pria dan wanita. Pria mengikat kain yang mereka kenakan di bagian depan. Sementara untuk wanita yang menggunakan longyi, kain akan dilipat dan menguncinya dibagian sisi.
 
Penggunaan Longyi ini semakin populer setelah Aung San Suu Kyi sering mengenakannya dalam beberapa acara di depan publik. Sehingga saat ini, kalangan perempuan muda di Myanmar pun banyak yang mengenakan pakaian adat tersebut
Namun penggunaan Longyis di beberapa daerah di Myanmar memang berbeda. Misalnya saja penduduk di perkotaan hanya akan menggunakannya ketika pergi keluar rumah.
 
Sementara di bagian pedesaan, longyis biasanya digunakan sebagai bahan lelucon karena bahannya dan penggunaannya yang dapat memberikan kesan sejuk untuk tubuh.
 Bagi Anda yang ingin mencoba mengenakan longyis, sangat diperkenankan. Bahkan, cara ini dapat digunakan agar Anda lebih dekat dengan penduduk lokal.
(ftr)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List