10 Keseruan Wajib Dilakukan di Asia

Sarapan Sushi di Pasar Ikan Terbesar Dunia

Jum'at, 10 Mei 2013 - 08:19 wib | Mutya Hanifah - Okezone

Sarapan Sushi di Pasar Ikan Terbesar Dunia Tsukiji Central Fish Market, Jepang (Foto: travel.nationalgeographic) WISATA ke Tokyo biasanya diidentikkan dengan berwisata ke kota moderen dengan pusat perbelanjaan mewah, atau ke kuil-kuil tradisionalnya. Ada lagi yang unik dijelajahi di Tokyo, yaitu pasar ikannya.

Berwisata ke pasar ikan tentu bukan hal yang biasa, bukan? Namun Pasar Ikan Tsukiji di Tokyo ini, wajib Anda kunjungi bila berada di ibukota Jepang ini. Mengapa? Pasar Ikan Tsukiji ini adalah pasar ikan terbesar di dunia!

Salah satu hal menarik untuk dilihat di pasar ini adalah pelelangan ikan. Untuk melihat bagaimana para pedagang melelang dan menjual ikan tuna dengan ukuran raksasa, Anda harus mengunjungi pasar ini di pagi buta, sekira pukul 4.00 waktu setempat.

Untuk mengunjungi pasar ikan ini, Anda tidak perlu membawa pemandu wisata, namun sebaiknya ada orang lokal yang menemani Anda. Pasalnya, di pasar ini masih jarang pedagang yang bisa berbahasa Inggris, sehingga mungkin cukup menyulitkan bila Anda ingin turut serta dalam pelelangan ikan.

Setiba di pasar ini, Anda akan disambut dengan riuh ramai dan sibuknya para nelayan yang baru saja kembali dari laut. Ikan-ikan berbagai macam ukuran digelar di lantai dan lapak pasar, bersiaplah dengan bau amis yang menyengat.

Lebih dari 500 ribu ton ikan dan hewan laut lainnya ada di pasar ini setiap hari. Jumlah tersebut sepadan dengan sekira 42 ribu orang yang bekerja di pasar ikan yang luasnya sama dnegan 32 lapangan bola ini.

Semua jenis ikan dilelang di pasar ini setiap pagi. Namun hanya lelang ikan tuna saja yang terbuka untuk turis. Ikan yang termahal di jual biasanya adalah ikan Tuna Biru, yang beratnya bisa lebih dari 600 pon. Ikan ini juga menjadi favorit warga Jepang, karena memiliki lebih banyak lemak dibanding ikan tuna lainnya.

Biasanya, setelah mengikuti lelang ikan, para turis akan diajak untuk sarapan sushi di sebuah restoran kecil di bagian bawah pasar ini. Ikan yang digunakan untuk sushi ini adalah ikan segar yang baru saja diambil langsung dari pasar Tsukiji, jadi kualitas dan kelezatannya pasti terjamin.

Sebagai negara kepulauan yang kaya ikan, menyantap seafood dan sushi saat ke Jepang adalah suatu keharusan. Berkunjung ke Pasar Tsukiji untuk melihat proses dari mana makanan lezat itu berasal, harus dicoba! (ftr)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List