6 Upacara Kematian Unik di Dunia

Ngaben, Upacara Pemakaman Mahal di Indonesia

Senin, 13 Mei 2013 - 19:39 wib | Adhia Azkapradhani - Okezone

Ngaben, Upacara Pemakaman Mahal di Indonesia Ngaben (Foot: Reallyloveindonesia) Di Indonesia, sebuah upacara pemakaman unik masih terus lestari hingga saat ini. Salah satunya adalah ngaben yang diselenggarakan di Bali. Sebagian besar penduduk lokal di Bali percaya jika api adalah kendaraan untuk kehidupan selanjutnya. Oleh karena itu, api menjadi unsur pertama dalam upacara pemakaman di Pulau Dewata.

Tubuh orang yang sudah meninggal dimandikan lalu diletakkan di meja. Beragam makanan persembahan diletakkan di samping mayat. Kemudian dengan sarana yang berbentuk seperti lembu, mayat dibawa menuju pura melewati jalur yang tidak lurus. Hal ini bertujuan untuk mengecoh roh jahat agar tidak mendekati mayat tersebut.

Ngaben sesungguhnya tidak jauh berbeda dengan kremasi. Sacrophagus berbentuk lembu kemudian dibakar bersama mayat yang ada di dalamnya. Biasanya, jika orang yang meninggal berasa dari kasta tinggi acara ngaben akan berlangsung selama tiga hari. Sementara untuk orang yang berasal dari kasta rendah biasanya akan dimakamkan terlebih dahulu sebelum akhirnya tiba waktu yang tepat untuk pelaksanaan ngaben bersama tubuh-tubuh mayat yang lainnya.

Ngaben dilakukan dengan beberapa rangkaian upacara, terdiri dari berbagai rupa sesajen dengan tidak lupa dibubuhi simbol-simbol layaknya ritual lain yang sering dilakukan umat Hindu di Bali. Upacara Ngaben biasa nya dilalukan secara besar besaran, ini semua memerlukan waktu yang lama, tenaga yang banyak dan juga biaya yang tidak sedikit dan bisa mengakibatkan Ngaben sering dilakukan dalam waktu yang lama setelah kematian. (ftr)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List