7 Tempat Wisata Sejarah di Indonesia

Benteng Keraton Buton Terluas di Dunia

Senin, 23 September 2013 - 23:17 wib | Mutya Hanifah - Okezone

Benteng Keraton Buton Terluas di Dunia Benteng Keraton Buton (Foto: Mutya/Okezone) Benteng Keraton Buton, Buton

Wisata di Buton belum lengkap tanpa mengunjungi bentengnya, sebuah benteng bersejarah peninggalan keraton. Benteng ini juga merupakan benteng terluas di dunia, lho!

Benteng Keraton Buton merupakan salah satu objek wisata bersejarah di kota Bau-Bau, Buton, Sulawesi Tenggara. Benteng ini merupakan peninggalan dan juga bekas Ibu Kota Kesultanan Buton.

Benteng Keraton Buton terbuat dari batu kapur/gunung. Benteng yang berbentuk lingkaran ini dengan panjang keliling 2.740 meter. Benteng Keraton Buton mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dan Guiness Book Record yang dikeluarkan September 2006 sebagai benteng terluas di dunia dengan luas sekitar 23,375 hektare.

Benteng ini memiliki 12 pintu gerbang yang disebut Lawa dan 16 emplasemen meriam yang mereka sebut Baluara. Karena letaknya pada puncak bukit yang cukup tinggi dengan lereng yang cukup terjal, memungkinkan tempat ini sebagai tempat pertahanan terbaik di zamannya.

Letak benteng ini juga memungkinkan Anda untuk melihat pemandangan indah Kota Bau-Bau serta Selat Buton di kejauhan. Bila hari sedang cerah, menghabiskan waktu melihat pemandangan dari atas benteng ini tidak akan membosankan.

Di dalam kawasan benteng sendiri terdapat beberapa peninggalan sejarah Kesultanan Buton. Kawasan dalam benteng juga kerap digunakan sebagai tempat penyelenggaraan upacara-upacara adat yang menyangkut kesultanan. (ftr)

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: multimediax

Filename: pages/vread.php

Line Number: 69

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: boxbaca

Filename: pages/vread.php

Line Number: 183