8 Destinasi Petualangan di Tanah Jawa

Menatap Jawa Barat dari Puncak Gede

Senin, 18 November 2013 - 03:13 wib | Mutya Hanifah - Okezone

Menatap Jawa Barat dari Puncak Gede Padang Edelweiss di Surya Kencana, Gunung Gede, Jawa Barat (Foto: Panoramio) Gunung Gede, Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat banyak memiliki potensi wisata yang menarik dan unik. Apabila Anda sesekali ingin keluar dari rutinitas kota yang sibuk, ramai dan membosankan namun tidak terlalu jauh, Jawa Barat merupakan pilihan yang tepat.

Salah satu tempat wisata yang layak dikunjungi di Jawa Barat adalah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Banyak pilihan kegiatan yang dapat dilakukan, antara lain berkemah, melihat air terjun, outbond, serta mendaki Gunung Gede atau Gunung Pangrango.

Mendaki atau hiking di Gunung Gede-Pangrango sangatlah cocok dilakukan bagi Anda yang baru pertama kali melakukan kegiatan semacam ini. Pasalnya, Gunung Gede-Pangrango ini memiliki medan yang relatif mudah ditempuh serta ketinggian gunung yang cukup 'rendah' dibanding gunung-gunung di Pulau Jawa lainnya.

Gunung Gede-Pangrango memiliki dua puncak, yaitu Puncak Gede di Gunung Gede dengan ketinggian 2.958 meter di atas permukaan laut (dpl) dan puncak MAndalawangi di Gunung Pangrango dengan ketinggian 3.019 meter dpl. Jalur pendakian Gunung Gede-Pangrango memiliki tiga 'pintu masuk' yaitu di Cibodas, Gunung Putri dan Salabintana di Sukabumi.

Jalur pendakian termudah yang dapat dipilih adalah melalui pintu masuk Cibodas. Dekat dengan kawasan wisata Puncak, sehingga banyak transportasi umum yang dapat dipilih. Selain itu, jalur pendakian melalui Cibodas lebih mudah ditempuh daripada jalur Gunung Putri atau Salabintana, karena jalur ini mengambil jalan melingkar sehingga tidak banyak medan vertikal yang mengharuskan Anda untuk memanjat seperti di jalur Gunung Putri. Namun memang, pendakian jalur Cibodas membutuhkan waktu yang lebih lama.

Pendakian menuju puncak Gede melalui jalur Cibodas umumnya membutuhkan waktu sekitar tujuh hingga 10 jam bagi pendaki pemula, menempuh jarak 9,7 kilometer dari Cibodas. sepanjang jalan pendakian, banyak ditemui pos-pos yang dapat digunakan untuk beristirahat atau berkemah.

Sebaiknya lakukan pendakian pada malam hari, sekitar jam tujuh atau jam delapan malam, karena dengan begitu Anda akan sampai di Puncak Gede pada saat pagi hari, sehingga dapat melihat pemAndangan matahari terbit di atas puncak gunung, yang menerangi panorama kawah gunung gede dan hamparan Kota Cianjur-Bogor dari kejauhan.

Setelah melihat matahari terbit, lanjutkan perjalanan sekitar satu jam atau dua kilometer ke arah Alun-Alun Surya Kencana. Anda dapat berkemah di kawasan ini, karena ada sumber air alami di sini. Yang paling istimewa dari tempat ini adalah  terdapat padang bunga abadi, Edelweiss seluas 50 hektare yang sangat indah. tidak perlu khawatir kehabisan makanan, uniknya di Puncak Gede setiap pagi Anda dapat dengan mudah menemui penjual nasi uduk dengan dagangannya yang masih hangat.

Pendakian Gunung Gede sangat mudah dilakukan dan juga terjamin keamanannya, terlebih saat ini pengelola Taman Nasional Gunung-Gede Pangrango mengetatkan peraturan seputar kuota jumlah pendaki yang boleh mengunjungi tempat ini. Hal ini perlu dilakukan agar kebersihan taman nasional ini tetap terjaga dengan baik. (ftr)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List