Kekayaan Hayati Gunung Halimun Salak

Pasha Ernowo, Jurnalis · Selasa 22 Maret 2011 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 22 408 437739 CQGbLQSQgp.jpg (foto: denmenort.wordpress)

TAMAN Nasional Gunung Halimun Salak adalah hutan dataran rendah terbesar di Jawa yang masih tersisa sampai saat ini. Taman ini merupakan rumah bagi 23 spesies mamalia, setidaknya dua di antaranya adalah endemik dan terancam punah (Siamang dan lutung beruban).

Seluas 113,000 hektar ini sementara terdapat lebih dari 500 spesies tumbuhan, yang tergolong ke dalam 266 generasi dan 93 suku dan juga sarang bagi 200 spesies burung. Adat Kasepuhan dan masyarakat Sunda lainnya masih tinggal di sekitar taman ini dan sangat bergantung pada sumber daya alamnya.

Kekayaan hayati kawasan taman nasional ini telah lama menarik perhatian para peneliti, dalam dan luar negeri. Banyak catatan telah dibuat, terutama setelah status kawasan ditingkatkan menjadi taman nasional, dan banyak pula yang telah diterbitkan, khususnya semasa masih bernama TN Gunung Halimun.

Pengunjung bisa berjalan-jalan di taman ini sambil memanjakan mata  dengan menyaksikan primata langka, burung, atau atraksi hutan lainnya, dan bersantai di air terjun yang menjulang tinggi.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini