Ider Bumi, Ritual Adat yang Membuat Turis Terpukau

Eko Suryono , Jurnalis · Jum'at 02 September 2011 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2011 09 02 408 498262 uwbeSZMRxZ.JPG Ilustrasi

BANYUWANGI - Ritual adat Ider Bumi atau bersih desa dilakukan oleh warga Desa Kemiren, Suku Osing, Banyuwangi, Jawa Timur. Acara dilakukan warga masyarakat dengan diawali ritual arakan-arakan barong serta diakhiri dengan makam tumpeng pecel Pitik di sepanjang jalan desa.

Sebagai bentuk ucapan syukur, ritual bersih desa Ider Bumi di Desa Adat Osing, Desa Kemiren kembali digelar. Acara ritual ini juga dihadiri sejumlah wisatawan asing dari berbagai negara.

Upacara Ider Bumi diawali dari pintu masuk desa sampai pintu keluar desa sepanjang 3 kilometer. Barong sebagai simbolis penolak bala, pada tradisi adat upacara ini berada di barisan terdepan untuk memimpin jalannya upacara.

Selain itu, tokoh adat juga membagikan uang receh dalam bentuk pecahan bercampur beras kuning sebagai simbol penolak bala. Tradisi yang cukup unik selain membagikan beras kuning, tarian arak-arakan Barong pun dilakukan sepanjang jalan. Mulai dari mereka yang tua, dewasa, remaja hingga anak-anak.

Setelah menempuh pejalanan menuju akhir ujung desa, para warga kemudian mengambil pisang. Selain sebagai pelepas dahaga, pisang juga diyakini sebagai obat awet muda.

Seorang turis mancanegara asal Republik Ceko mengaku terkesan dengan acara adat yang sangat unik ini. Dia pun berjanji untuk kembali ke Indonesia untuk menyaksikan kembali ritual adat Ider Bumi di tahun depan.

(ahm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini