Share

Kenali Negeri Sendiri Sebelum Jelajahi Negeri Orang (I)

Mutya Hanifah, Jurnalis · Sabtu 05 Januari 2013 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2013 01 04 408 741602 qQfTvYHWfl.jpg Raja Ampat, Papua Barat. Salah satu surga bawah laut Indonesia (Foto: Fitri/Okezone)

SUDAHKAH Anda kenal dengan negara sendiri? Jangan hanya suka berwisata ke destinasi-destinasi indah di Indonesia tanpa tahu fakta menarik seputar negeri tercinta ini.

Simak fakta-fakta menarik tentang Indonesia berikut ini, seperti dikutip Indonesia.travel:

Negara kepulauan terbesar 

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah total pulau mencapai 17.508 pulau. Terdiri dari lima kepulauan besar dan 30 kelompok kepulauan kecil, termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni.

Di dalamnya ada tiga dari enam pulau terbesar di dunia, yaitu Kalimantan sebagai pulau terbesar ketiga di dunia dengan luas 539.460 kilometer persegi, Sumatera luasnya 473.606 kilometer persegi, dan Papua yang luasnya 421.981 kilometer persegi.

Indonesia punya pulau terpadat di dunia

Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia, di mana 60 persen penduduk Indonesia atau sekira 130 juta jiwa tinggal di pulau yang luasnya hanya 7 persen dari seluruh wilayah Indonesia ini.

Negara maritim dengan pantai luar biasa

Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93.000 kilometer persegi dan panjang pantai sekira 81.000 kilometer persegi atau hampir 25 persen dari panjang pantai di dunia.

Kaya suku bangsa & etnis

Indonesia memiliki suku bangsa yang terbanyak di dunia, terdapat lebih dari 740 suku bangsa atau etnis, bahkan di Papua saja terdapat 270 suku. Dengan jumlah suku sebanyak itu, Indonesia  memiliki bahasa daerah terbanyak, yaitu 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Meski banyak memiliki bahasa daerah, bahasa Indonesia mampu menyatukannya tanpa menghilangkan tutur bahasa daerahnya.

Mayoritas Muslim terbanyak

Indonesia adalah negara Muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekira 216 juta jiwa atau 88 persen dari penduduk Indonesia. Ini juga menjadikan Indonesia memiliki jumlah masjid terbanyak serta negara penyumbang jamaah haji terbesar di dunia.

Candi Borobudur, monumen Budha terbesar dunia

Candi Borobudur di Jawa Tengah memiliki Monumen Budha terbesar di dunia yang tingginya mencapai 42 meter dan terdiri dari 10 tingkat. Candi Borobudur juga memiliki panjang relief yang indah, mencapai lebih dari 1 km.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini