Mengenang Momen Gladi Resik Proklamasi, Merdeka!

Adhia Azkapradhani, Jurnalis · Senin 20 Mei 2013 16:43 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 20 408 809800 2ID9yjbGy6.gif Monumen Pembulatan Tekad (foto: Adhia/Okezone)

Di Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat, tidak hanya Rumah Sejarah tempat Soekarno Hatta diasingkan yang menjadi sejarah. Ada juga Monumen Pembulatan Tekad.

 

Letak Monumen Pembulatan Tekad tidak jauh dari Rumah Sejarah. Bahkan, jika berangkat dari Jakarta, monumen ini akan menyambut Anda terlebih dahulu sebelum sampai di Rumah Sejarah. Warnanya yang cerah akan menarik perhatian siapapun yang lewat.

 

Inilah yang disebut dengan Monumen Pembulatan Tekad. Bentuknya berupa tangan yang mengepal keluar dari sebuah bola. Abrar dari Ekspedisi Fortuga ITB mengatakan bahwa monumen ini dahulu digunakan untuk gladi resik sebelum pembacaan proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur.

 

Monumen ini begitu sepi saat Okezone dan beberapa anggota Fortuga berkunjung. Memasuki area monumen, Anda akan melihat tugu yang tidak terlalu tinggi dengan tangan mengepal di bagian puncak. Di sekelilingnya, terdapat lukisan dan relief yang menggambarkan momen menjelang proklamasi. Tak lupa, area ini didominasi warna merah dan putih yang menggambarkan semangat kemerdekaan bangsa Indonesia.

 

“Wah, di sini ada teksnya juga, ayo kita baca bersama-sama,” kata Aam, salah seorang anggota Fortuga yang langsung membacakan teks Proklamasi dengan lantang.

 

Kami dan para peserta Fortuga tidak ingin melewatkan kesempatan mengabadikan kunjungan di monumen ini. kami langsung berfoto dengan pose mengepalkan tangan tanda merdeka.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini