Share

Melihat Kebenaran Legenda Ikan Keramat di Goa Ngerong

Winda Destiana, Jurnalis · Minggu 06 Oktober 2013 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2013 10 05 408 877050 ScPlzUqF0f.jpg Goa Ngerong, Tuban (Foto: eastjava)

MASIH banyak destinasi wisata yang diwarnai dengan legenda atau cerita mistis. Suka dengan destinasi wisata seperti itu? Kalau begitu Anda harus mengunjungi Goa di Tuban berikut ini.

Kabupaten Tuban memang sudah dikenal dengan sebutan seribu Goa. Hal ini karena di kabupaten ini banyak ditemui goa-goa yang bahkan ada yang dikeramatkan.

Salah satu goa yang cukup dikenal oleh para wisatawan adalah goa Ngerong. Goa ini terletak di Desa Rengel, Kabupaten Tuban, JawaTimur. Goa ini memiliki daya tarik tersendiri karena terdapat ribuan kelelawar yang bergelantungan bebas di dinding-dinding goa serta sungai yang mengalir di dalamnya terdapat ribuan ikan keramat.

Masyarakat setempat mempercayai mitos bahwa ikan tersebut tidak boleh diambil. Jika ada yang mencoba mengambil lalu memasaknya, maka musibah akan terjadi. Ia diharuskan kembali datang ke Goa ini guna mengembalikan ikan tersebut, sekalipun sudah menjadi tulang belulang. Dengan ajaib ikan yang tinggal tulang belulang itu akan kembali hidup lagi. Uniknya lagi, ada ikan tanpa mata (buta) khas hewan gua yang mulai didapati di kedalaman 1000 meter

Namun ada ikan yang boleh diambil dan dikonsumsi, ikan tersebut haruslah melewati daerah batas jembatan yang diijinkan. Dengan mitos ini, merupakan salah satu cara untuk melindungi kelestarian ikan-ikan itu. Pengunjung pun dapat memberi makan ikan-ikan itu dengan pakab yang banyak dijual di lokasi. Harganya pun cukup murah, berkisar Rp500-2000 rupiah per bungkus.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini