Kenali Toraja Lebih Dalam di Kete Kesu

Mutya Hanifah, Jurnalis · Kamis 10 April 2014 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 10 408 968399 yRTrUZOO2i.jpg Desa Kete Kesu (Foto: indonesiatravel)

SUKU Toraja di Sulawesi Selatan adalah salah satu suku tradisional di Indonesia yang menarik untuk dikenal, terutama karena kebudayaannya. Untuk lebih mengenal suku Toraja, Anda bisa juga datang ke Desa Kete Kesu.

Desa Kete Kesu berada di Kampung Bonoran, Kelurahan Tikunna Malenong, Kecamatan Sanggalangi, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Desa ini merupakan tempat yang tepat bagi Anda untuk mengenal lebih dalam kehidupan masyarakat Tana Toraja.

Disebut-sebut bahwa Kete Kesu adalah potret kebudayaan megalitik paling lengkap di Tana Toraja. Keindahan alamnya dikepung pegunungan, hamparan sawah yang luas terbentang, serta barisan rumah adat yang usianya mencapai lebih dari 300 tahun.

Rumah adat Tongkanan di Kete Kesu adalah tongkonan asli. Ciri khasnya adalah memiliki pintu yang dapat dibuka ke atas.

Ada juga makam-makam tua yang menyimpan pesona mistis tersendiri, menilik berbagai kerajinan pahatan yang unik dan rumit, tapi indah. Nikmati juga serangkaian ritual dan upacara adat yang masih dipertahankan sebagai pesona wisata di Kete Kesu, demikian seperti dikutip dari laman Indonesia.Travel, Kamis (10/4/2014).

Desa Kete Kesu kini telah menjadi kawasan cagar budaya, dan merupakan pusat perayaan serta upacara adat Toraja. Anda juga bisa membeli berbagai kerajinan khas suku Toraja di desa ini, seperti kesenian pahat, ukir, dan lukis.

Tidak susah untuk mencapai Desa Kete Kesu. Desa ini dekat sekali dengan Kota Rantepao, yang merupakan kota wisata di Tana Toraja. Anda hanya perlu berjalan kaki saja dari Rantepao menuju Kete Kisu.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini