Dieng, Satu Kawasan Sejuta Pesona

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 26 Mei 2014 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 05 26 408 990230 YWEoWbvwHe.jpg Telaga warna di Dieng (Foto:Dewi Kania)

DATARAN Tinggi Dieng di Jateng menawarkan objek wisata cantik dan populer bagi wisatawan. Libur panjang kali ini harus datang ke lima tempat berikut.

Kalau belum punya ide bagus saat libur panjang, wisatawan bisa melancong ke Dataran Tinggi Dieng. Untuk mencapainya, tidak memakan waktu sehari semalam untuk sampai di sana bila Anda datang dari Jakarta.

Wisatawan akan puas menghirup udara bebas di sana. Pemandangan hijau segar sepanjang kawasan menanti Anda. Berikut lima tempat cantik di Dataran Tinggi Dieng yang dikumpulkan Okezone, Senin (26/5/2014)

Candi Arjuna

Tidak hanya mengedepankan alam, Dataran Tinggi Dieng punya warisan bangunan candi Hindu. Ada lima bangunan candi di komplek Candi Arjuna.

Candi ini terbuat dari batuan andesit yang tidak banyak relief di dalamnya. Komplek Candi Arjuna paling mudah ditemui karena tempatnya di pinggir jalan.

Telaga warna

Pesona Telaga Warna sering menjadi perbincangan banyak wisatawan. Ada apa di Telaga warna?

Rupanya telaga ini merupakan sebuah danau yang warnanya bisa beubah-ubah karena kandungan sulfur air danau yang terkena pantulan cahaya matahari. Hasilnya kadang danau ini bisa beubah jadi warna hijau, kuning, bahkan pelangi.

Saat libur banyak wisatawan menyambangi danau ini, termasuk wisman. Anda cukup membayar Rp7 ribu sebelum menikmati danau cantik ini. Telaga Warna menjadi bagian paling penting di kawasan objek wisata Dataran Tinggi Dieng.

Kawah Sikidang

Di sebelah Telaga Warna, ada gerbang masuk Kawah Sikidang yang terpampang di gapura. Dari situ wisatawan dapat menghampiri objek Kawah Sikidang.

Kawah Sikidang tergolong objek wisata unik. Sebab kawah gunung tidak menetap di satu area, melainkan berpindah-pindah sesuai kontur tanah. Maka itu dinamakan Sikidang.

"Kidang" dalam bahasa Jawa artinya hewan kijang. Kijang jalannya melompat seperti kawah ini yang suka berpindah-pindah. Saat di kawah wisatawan akan disuguhi pemandangan hutan belantara hijau di belakangnya.

Dieng Plateau

Dieng Plateau menjadi objek cantik paling diincar wisatawan. Inilah tempat terindah untuk menyaksikan seluruh sajian panorama dataran Tinggi Dieng dari ketinggian 2093 mdpl.

Kalau mau tahu sejarah adanya Dataran Tinggi Dieng sampai asal usul semua objek wisatanya, wisatawan dapat menonton video dokumenter di dalam Dieng Plateau Theater.

Memetik sayuran di ladang

Dataran Tinggi Dieng punya berjejer ladang kentang dan wortel yang ditanam masyarakat sekitar. Saat musim panen hampir setiap hari memanen sayuran segar tersebut. Biasanya bulan Mei hingga Agustus waktunya panen. Wisatawan bisa meminta izin ke masyarakat untuk ikut panen sayuran segar dan membelinya sebagai oleh-oleh.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini