Share

Santap Masakan Sunda Diiringi Kesenian Tradisional

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Senin 22 September 2014 09:41 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 22 301 1042426 Iw1m1KTTwn.jpg Santap masakan Sunda diiringi kesenian tradisional (Foto: Dapur Sunda)

UNTUK menarik minat pengunjung dan pecinta kuliner masakan khas Sunda, Rumah Makan Dapur Sunda menghadirkan ruangan khusus untuk menampilkan kesenian dari berbagai daerah di Indonesia. RM Dapur Sunda berdiri pada 1986.

Dapur Sunda pertama kali berdiri di Jalan Raya Cipete, Jakarta Selatan. Sebelumnya, RM Dapur Sunda juga sudah menampilkan kesenian kelompok pemusik angklung.

“Ruangan kesenian ini bisa menampung sekitar 100 orang. Nanti di sini akan ada pementasan berbagai tarian dan musik tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, terutama seni Jawa Barat,” kata Pendiri

RM Dapur Sunda Ansoroeddin saat berkunjung ke Depok, Minggu, 21 September 2014.

Jadi, lanjutnya, sambil menikmati makanan, tamu juga bisa melihat langsung kesenian khas dari berbagai daerah. Untuk sementara, gedung kesenian yang terletak di bagian belakang RM Dapur Sunda di kawasan

Cipete, Jakarta merupakan restoran pertama yang didirikan Ansoroeddin akan menampilkan kesenian langsung setiap akhir pekan.

Peresmian fasilitas baru tersebut bertepatan dengan ulang tahunnya ke-72 pada Sabtu, 13 September 2014.

Menurut dia, kini banyak restoran di dalam negeri dan luar negeri juga membuat panggung khusus untuk kesenian.

“Selain berburu kuliner, tamu juga tahu tentang kesenian suatu daerah. Ini merupakan nilai plus bagi bidang pariwisata,” ungkap Ansoroeddin.

 

Laki-laki yang memiliki empat anak dan semuanya perempuan ini, mendirikan RM Dapur Sunda bersama istrinya pada 1986. Sebelumnya sejak 1982, Ansoroeddin sudah membuka warung dengan masakan khas Sunda bersama istrinya di Jakarta.

Kini, dia sudah memiliki sembilan RM Dapur Sunda yang tersebar delapan di DKI Jakarta dan satu lagi di Bali.

“Kini, kami akan fokus membesarkan rumah makan yang sudah ada, menjaga citra dan pelayanan, serta mutu makanan,” ungkap Ansoroeddin.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini