Alasan Turis Asing Doyan ke Indonesia

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 31 Oktober 2014 23:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 31 406 1059604 alasan-turis-asing-doyan-ke-indonesia-KeF4Jlnkgu.jpg Alasan turis asing doyan ke Indonesia (Foto:mix-maxy)

UNTUK meningkatkan kunjungan turis perlu menyiapkan cross border tourism. Ada banyak alasan wisatawan berkunjung ke Indonesia, salah satunya berbelanja.

Hal tersebut  disampaikan Yanti Sukamdani, Ketua BPPI (Badan Promosi Pariwisata Indonesia). Yanti Sukamdani mencontohkan salah satu alasan wisatawan berkunjung ke Indonesia dari suatu negara adalah berbelanja, di mana wisatawan dapat memperoleh harga yang lebih murah.

“Sedangkan kalau seperti dari Serawak itu Cross Bordernya wisatawan belanja, karena mereka lebih murah belanja di Indonesia, seperti beli buah dan air,” ujarnya kepada Okezone di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (31/10/2014).

Hal tersebut menurut Yanti Sukamdani sebenarnya sama dengan dilakukan di negara Timor Leste, namun belanja di sana lebih mahal dibandingkan Indonesia. Sementara, contoh lainnya Pulau Batam mengandalkan wisata bahari seperti diving.

“Jadi Turis yang sudah sampai Singapura, kalau dia mempunyai kesempatan ke Batam atau tempat lainnya senang, karena bisa diving, sehingga itu yang kita upayakan,” tambahnya.

Untuk diketahui, pariwisata lintas negara atau Cross border tourism adalah konsep baru di dunia pariwisata untuk meningkatkan kunjungan turis ke Indonesia.

Dengan tingginya kunjungan turis di perbatasan, maka berpengaruh positif terhadap pendapatan, kesempatan kerja dan sektor ekonomi masyarakat lokal lainnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini