Wayang Ajen Curi Perhatian Dunia

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 03 November 2014 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 03 406 1060301 wayang-ajen-curi-perhatian-dunia-ttTD3rq9UU.jpg Wayang Ajen curi perhatian dunia (Foto: Helmi/Okezone)

KESENIAN wayang sepertinya kian ditinggalkan di negeri sendiri. Namun di luar negeri, kesenian wayang Indonesia justru semakin menunjukkan eksistensinya.

Belum lama ini kesenian Wayang Ajen Indonesia berpartisipasi perhelatan internasional, yakni "The International Festival of Alexandria for Puppets 2014" pada 19-25 Oktober 2014 di Kairo, Mesir. Beberapa negara juga turut berpartisipasi di perhelatan yang sama. Diantaranya Teatro de Munecos Colombia, Finger and Thumb Show Inggris, Iraq, Jordania, Lebanon, Mesir, Saudi Arabia, Bajkamela Theater Serbia, Sudan dan Teatro Los Claveles Spanyol.

Sementara itu, tema yang diambil pada perhelatan internasional di Kairo tersebut yakni persahabatan dunia melalui seni pertunjukan wayang, puppet, marionette, dan karagozi. Sedangkan Wayang Ajen sendiri memainkan lakon The Dead of Rahwana “Membasmi Angkaramurka” selama 60 menit.

Menurut Ki Dalang Wawan, Wayang Ajen berupaya mempromosikan Pariwisata dan Budaya Indonesia di forum internasional melalui gaya dan cara pertunjukannya yang sangat khas. Selain itu, Ki Dalang Wawan mengatakan bahwa di setiap penampilannya Wayang Ajen selalu menyesuaikan dengan situasi setempat yang sanggup menembus ruang dan waktu untuk mewarnai peradaban dunia.

“Intinya Wayang Ajen mencuri perhatian dunia, yaitu para peserta dari sekitar 12 negara, dan Insya Allah tahun depan Wayang Ajen akan diundang kembali ke berbagai negara dalam berbagai event festival dunia,” ujar Ki Dalang Wawan kepada Okezone melalui blackberry messenger, Minggu 2 November 2014.

Untuk diketahui, Mesir merupakan negara ke-47 yang pernah Wayang Ajen sambangi untuk pementasan. Sementara Spanyol merupakan negara perdana yang didatangi Wayang Ajen pada tahun 2000. Beberapa negara yang pernah didatangi Wayang Ajen untuk pementasan di antaranya Italia, Belanda, Perancis, Brazil, India, Rusia, Ceko, Bulgaria dan Hungaria.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini