Wawan Ajen Masuk PNS Berkat Jadi Dalang

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 03 November 2014 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 03 406 1060389 wawan-ajen-masuk-pns-berkat-jadi-dalang-akGYuEpspM.jpg Ki Dalang Wawan Ajen (Foto: Utami/Okezone)

PROFESI menjadi dalang pementasan wayang kurang populer bagi sebagian besar masyarakat. Kendati begitu, bukan berarti profesi sebagai dalang menghambat karir di bidang lain.

Wawan Gunawan misalnya. Selain menjadi dalang, pria yang biasa disapa Wawan Ajen itu juga bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Wawan sendiri mengaku tidak pernah menyangka untuk menjadi PNS kala itu.

“Awalnya, tahun 1995 saya disuruh pertunjukan wayang golek seperti biasa pada umumnya dalam acara kongres kesenian di Jakarta. Direktur kesenian, Drs. Saini KM saat itu meminta saya untuk daftar menjadi PNS, kemudian akhirnya saya ikut test dan alhamdulillah diterima di Depdikbud,” ujarnya kepada Okezone melalui blackberry messenger, Minggu 2 November 2014.

Kini Wawan menjadi PNS di Kementerian Pariwisata dan sedang tugas belajar Pascasarjana Pogram S3 di Fakultas Ilmu Budaya, UNPAD, Bandung. Sementara itu, profesi dalang sendiri ditekuni Ki Dalang Wawan Ajen sejak usia anak-anak. Berbagai prestasi telah ditorehkan Ki Dalang Wawan Ajen dalam pentas pewayangan, seperti Penghargaan sebagai Duta Kesenian Pemerintah DKI Jakarta di dalam dan luar negeri pada tahun 1996 dan award from the Indonesia Embassy, Kuala Lumpur, Malaysia, at the International Exhibition on Education and Culture of Indonesia tahun 2007.

Sementara itu, Ki Dalang Wawan membawakan kesenian Wayang Ajen Indonesia dalam perhelatan internasional, yakni "The International Festival of Alexandria for Puppets 2014" pada 19-25 Oktober 2014 di Kairo, Mesir. Beberapa negara juga turut berpartisipasi di perhelatan yang sama. Diantaranya Teatro de Munecos Colombia, Finger and Thumb Show Inggris, Iraq, Jordania, Lebanon, Mesir, Saudi Arabia, Bajkamela Theater Serbia, Sudan dan Teatro Los Claveles Spanyol.

Mesir merupakan negara ke-47 yang pernah Wayang Ajen sambangi untuk pementasan. Sementara Spanyol merupakan negara perdana yang didatangi Wayang Ajen pada tahun 2000. Beberapa negara yang pernah didatangi Wayang Ajen untuk pementasan di antaranya Italia, Belanda, Perancis, Brazil, India, Rusia, Ceko, Bulgaria dan Hungaria.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini