Cross Border, Cara Baru Indonesia Tingkatkan Wisatanya

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 05 November 2014 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 04 406 1060982 cross-border-cara-baru-indonesia-tingkatkan-wisatanya-cTPZ9FuXJT.jpg Cross border, cara baru Indonesia tingkatkan wisatanya (Foto:kaskus)

INDONESIA terus berupaya menjadi salah satu destinasi wisata di dunia. Promosi cross border menjadi quick win menarik turis asing dalam masa liburan.

Karena itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya optimis target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2019 akan tercapai dengan standar world class. Menteri Pariwisata sepakat dengan Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) untuk konsentrasi promosi pariwisata ke China, Hongkong, Korea dan Taiwan, di samping tetap membina pasar yang telah disasar selama ini.

Cross border dapat diartikan sebagai pariwisata lintas batas negara. Cross border merupakan konsep baru bagi dunia pariwisata di Indonesia, sehingga banyak tantangan yang harus dihadapi.

“Promosi cross border akan menjadi quick win dan akan menjadi perhatian lebih demi menarik wisatawan dalam masa liburan, karena itu kita harus bergotong royong,” tutur Arief Yahya dari release yang diterima Okezone, Rabu (5/11/2014).

Dalam rangka melengkapi penyusunan Rencana Strategis Pariwisata, Arief Yahya meminta pengurus BPPI memberikan masukan dan solusi. Hal ini tentang strategi promosi pariwisata, hasil dari kajiaan dan telahdimiliki melalui Direktorat Jenderal Pemasaran Pariwisata.

Untuk diketahui, BPPI merupakan mitra kerja Kementerian Pariwisata yang dibentuk berdasarkan Keppres No. 22 tahun 2011 tentang Badan Promosi Pariwisata Indonesia, dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 36 ayat (3) Undang-Undang Nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan.

Tugas dan fungsi BPPI adalah meningkatkan citra kepariwisataan Indonesia, meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan penerimaan devisa, meningkatkan kunjungan wisatawan Nusantara dan pembelanjaan, serta melakukan riset dalam rangka pengembangan usaha dan bisnis kepariwisataan. Sedangkan, fungsi BPPI adalah menjadi koordinator promosi pariwisata yang dilakukan dunia usaha di pusat dan daerah, serta menjadi mitra kerja Pemerintah Pusat dan Daerah.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini